Cara Risma Agar Surabaya Siap Hadapi Era Perdagangan Bebas..

Kompas.com - 06/06/2019, 15:47 WIB
Wali Kota Surabaya Tri RismahariniKOMPAS.com/GHINAN SALMAN Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini

SURABAYA, KOMPAS.com - Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini mengingatkan warga akan pentingnya sebuah sertifikasi, terlebih di tahun mendatang Indonesia menghadapi era perdagangan bebas.

Menurut Risma, perdagangan bebas yang mulai diterapkan tahun depan akan berdampak secara langsung pada perdagangan barang dan jasa.

Kata Risma, Pemerintah Kota Surabaya beberapa bulan lalu sudah mengantisipasi dengan memberikan sertifikasi gratis kepada sejumlah pekerja sebelum era perdagangan bebas ASEAN itu dimulai.

"Sebetulnya saya sudah menyiapkan (sertifikasi gratis) sebelum perdagangan bebas ASEAN itu mulai 2016. Tahun 2014 saya sudah siapkan," kata Risma, Kamis (6/6/2019).


Baca juga: Pesan Idul Fitri Risma: Jaga Toleransi, Perkuat Persatuan dan Kesatuan

Risma menyebut, tantangan yang akan dihadapi Surabaya ke depan adalah berkurangnya lapangan pekerjaan akibat dari dampak revolusi industri 4.0 dan kewajiban pemenuhan standarisasi pada sebuah produk di era WTO.

"Kita mulai beberapa tahun lalu, contohnya kita memberikan biaya gratis untuk sertifikasi, tukang batu, tukang listrik juga pekerja-pekerja lain termasuk hak merek dan paten itu kita bantu," ujarnya.

Menghadapi era perdagangan bebas, Risma berharap masyarakat tidak terus berada di zona nyaman, karena ke depan persaingan global akan semakin ketat.

Baca juga: Kemendag Minta Masyarakat Tak Alergi dengan Perjanjian Perdagangan Bebas

Ia mengaku banyak warga Surabaya yang mempunyai keahlian di bidangnya. Namun, mereka tidak memiliki sertifikasi yang mendukung untuk pekerjaannya itu.

Risma, karena itu, mengingatkan masyarakat akan pentingnya sertifikasi dalam menyongsong era persaingan global.

"Memang kita harus menyiapkan. Makanya kita mulai beberapa tahun itu kita bantu untuk sertifikasi gratis," ujar dia.

Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X