Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gubernur Khofifah Larang ASN Mudik Pakai Mobil Dinas

Kompas.com - 31/05/2019, 16:27 WIB
Aprillia Ika

Editor

SURABAYA, KOMPAS.com - Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa meminta seluruh pejabat dan ASN Pemprov Jawa Timur untuk mengumpulkan seluruh kendaraan dinas begitu libur dan cuti bersama Lebaran dimulai.

Hal ini dilakukan agar semua ASN Pemprov Jawa Timur mematuhi aturan terkait larangan menggunakan mobil dinas untuk mudik Lebaran.

Menurutnya, larangan ini merupakan aturan yang sudah rutin dilaksanakan sesuai dengan arahan dari pemerintah pusat.

Ia sendiri juga berkomitmen tidak akan menggunakan fasilitas kendaraan dinas untuk mudik maupun beraktivitas selama libur dan cuti bersama mulai tanggal 2 Juni 2019 mendatang.

Baca juga: Mobil Dinas Dipakai Mudik, Bupati Magetan Akan Berikan Sanksi Kepada ASN

"Mobil dinas nggak boleh dipakai untuk urusan pribadi. Termasuk mudik. Jadi ya mengikuti aturan saja, semua kendaraan dinas Pemprov Jawa Timur harus diistirahatkan dan tidak boleh dipakai saat mudik Lebaran," kata Khofifah, Jumat (31/5/2019), seperti dikutip dari Tribunnews.com.

Untuk kendaraan para pejabat yang berkantor di komplek kantor gubernur di Jalan Pahlawan Surabaya, maka menurut Khofifah, seluruh kendaraan bakal dilakukan pull atau dikumpulkan di halaman kantor gubernuran.

Sedangkan untuk mobil dinas Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang kantornya di luar lingkungan komplek kantor gubernuran, maka Khofifah meminta agar kendaraan dinasnya diparkir di halaman kantor OPD masing-masing.

"Kalau Dinas Perindustrian dan Perdagangan, maka ya mobil dinasnya diparkir di halaman kantornya. Begitu juga OPD yang lain. Kalau semua diparkir di Pahlawan, yo gak cukup (ya tidak cukup)," kata Khofifah.

Baca juga: Bupati Banyumas Larang ASN Gunakan Mobil Dinas untuk Mudik ke Luar Kota

Cuti Lebaran serentak

Sementara itu, Sekda Provinsi Jawa Timur, Heru Tjahjono, mengatakan, pengumpulan kendaraan berpelat merah selama libur dan cuti bersama Lebaran bakal dilakukan serentak.

Tepatnya begitu selesai upacara Hari Kesaktian Pancasila.

"Begitu libur dan cuti bersama dimulai, maka seluruh mobil yang pelat merah harus sudah dikumpulkan. ASN yang mudik harus menggunakan kendaraan selain mobil dinas," tegas Heru Tjahjono.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Gubernur Khofifah Larang Mobil Dinas Pemprov Jawa Timur Digunakan untuk Mudik Lebaran.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com