Daftar Pasar Tumpah di Sepanjang Jalur Mudik, Perhatikan Imbauan Ini

Kompas.com - 31/05/2019, 14:36 WIB
Sejumlah kendaraan roda dua dan empat melintas sekitar kawasan Pasar Kue Weru, Desa Weru, Kecamatan Weru, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, Selasa (14/5/2019). Pasar tradisional ke empat yang mayoritas menjual jajanan kering ini juga berpotensi menjadi titik hambatan para pemudik. Kompas.com/ MUHAMAD SYAHRI ROMDHONSejumlah kendaraan roda dua dan empat melintas sekitar kawasan Pasar Kue Weru, Desa Weru, Kecamatan Weru, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, Selasa (14/5/2019). Pasar tradisional ke empat yang mayoritas menjual jajanan kering ini juga berpotensi menjadi titik hambatan para pemudik.

KOMPAS.com – Di masa mudik Lebaran seperti sekarang ini, volume kendaraan yang melewati jalan raya, meningkat berkali-kali lipat lebih padat dari biasanya. Hal ini berlaku baik di jalan bebas hambatan atau jalan tol, maupun di jalan-jalan daerah yang dikelola provinsi atau kota/kabupaten.

Berbeda dengan jalan tol yang sesuai namanya, bebas hambatan, pemudik yang melewati jalan umum akan bertemu dengan banyak hambatan seperti lampu merah dan pasar tumpah.

Dua hal ini biasanya menjadi faktor yang banyak menimbulkan kemacetan kendaraan di jalan non-tol saat mudik.

Pasar tumpah yang keberadaannya tidak teratur dan sering memakan bahu jalan dengan berbagai aktivitas jual-beli masyarakat di dalamnya, tentunya menjadi hambatan "tradisional" saat mudik.

Berikut ini pasar tumpah yang ada di sejumlah titik jalur mudik, dan cara mengantisipasi kemacetan pihak berwenang di lokasi tersebut:

Kendal

Bagi pemudik yang melalui wilayah Kabupaten Kendal, Jawa Tengah diminta untuk menghindari Jalan Raya Weleri dan Jalan Raya Kaliwungu. Pasalnya di dua titik jalan raya tersebut kerap terdapat pasar tumpah.

Pengendara diminta untuk mencari jalan lain agar tidak terjebak macet. Hal ini disampaikan oleh Kapolres Kendal AKBP Hamka Mapaita.

Ia mengatakan, pemudik dapat melewati jalan arteri Weleri dan jalan arteri Kaliwaru sebagai alternatifnya.

Selain di dua titik tadi, terdapat pasar tumpah lain di Kabupaten Kendal, yakni di Jalur Pantura Kendal. Pasar ini dikenal sebagai pasar Cepiring.

Polres Kendal menempatkan beberapa petugas beserta pos pengamanan di lokasi tersebut, meletakkan traffic cone di bahu jalan, dan menertibkan parkir liar yang ada di pasar.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X