7 Jam Lebih Geledah Kantor Imigrasi Mataram, KPK Bawa 2 Koper dan 1 Kardus

Kompas.com - 29/05/2019, 22:47 WIB
Tim penyidik KPK membawa koper berwana biru berisi dokumen, pasca menggeledah dua ruangan di Kantor Imigrasi Mataram, masing masing ruangan Kepala Imigrasi Mataram, Kurniadie dan Kasi inteldakim, Yusriansyah Fazrin penggeledahan berlangsung lebih dari 7 jam, pada Rabu  (29/5/2019) KOMPAS. com/Fitri.RTim penyidik KPK membawa koper berwana biru berisi dokumen, pasca menggeledah dua ruangan di Kantor Imigrasi Mataram, masing masing ruangan Kepala Imigrasi Mataram, Kurniadie dan Kasi inteldakim, Yusriansyah Fazrin penggeledahan berlangsung lebih dari 7 jam, pada Rabu (29/5/2019)

MATARAM, Kompas.com - Komisi Pemberantasan Korupsi ( KPK), menggeledah dua ruangan di Kantor Imigrasi Mataram, lebih dari 7 jam. Penggeledahan dimulai sekitar pukul 15.30 Wita hingga pukul 22.15 Wita. Rabu (29/5/2019).

5 orang Tim penyidik KPK datang mengunakan tiga mobil berwarna hitam, dan langsung memasuki lantai dua kantor imigrasi, tepatnya di ruang Kepala Kantor Imigrasi Mataram, Kurniadie, dan ruang Kepala Seksi Inteldakim Yusrianyah Fazrin.

Penggeldahan di ruang Kepala Imigrasi Mataram berakhir sore hari dan langsung dilanjutkan ke ruangan Kepala Seksi Inteldakim. Pengeledahan sempat jeda untuk sholat dan berbuka puasa, dan langsung melanjutkan lagi hingga pukul 22.15 Wita.

Baca juga: Kasus Suap Pejabat Imigrasi, KPK Geledah Kantor Imigrasi Mataram

Usai penggeledahan, tim KPK membawa dua buah koper berwarna biru, hitam, dan satu kardus berisi dokumen penting dari dua ruangan yang disegel sejak Selasa (28/5/2019) dini hari.

Untuk kepentingan penyidikan terkait kasus dugaan menerima suap pengurusan perpanjangan izin tinggal wisatawan asing, di Hotel Sundencer, Kecamatan Sekotong, Lombok Barat, sebeSar Rp 1,2 milyar rupiah.

Lima petugas KPK yang melakukan penggeledahan, turun dari lantai 2 kantor Imigrasi Mataram mengenakan masker penutup wajah dan membawa sejumlah dokumen penting kemudian meninggalkan kantor Imigrasi Mataram dengan 3 mobil berwarna hitam.

Baca juga: Pasca-OTT, KPK Geledah 2 Ruangan di Kantor Imigrasi Mataram

PLH Kepala Kantor Imigrasi Mataram, Rahmat Gunawan mengatakan bahwa dirinya tidak menyaksikan penggeledahan hanya menandatagani surat serah terima penggeledahan.

"Kami hanya menandatangani surat serah terima penggeledagan, dan prosesnya kami tidak saksikan, termasuk mengetahui dokumen apa saja yang dibawa tim KPK," kata Gunawan melalui saluran telpon, Rabu malam.

Gunawan mengatakan, KPK hanya menggeledah ruangan yang disegel. Mengenai penggeledahan rumah dinas, Gunawa mengaku belum mendapatkan informasi kapan akan digeledah oleh KPK.

Baca juga: Pasca-OTT KPK, Kantor Imigrasi Mataram Lengang, 2 Ruangan Masih Tersegel

Pasca penggeledahan, segel ruangan telah dibuka, dan dua ruangan kantor Imigrasi Mataram sudah difungsikan kembali.

Menurut informasi yang dihimpun, KPK juga menggeledah Hotel Sundencer, Sekotong, Lombok Barat.

Selama penggeledahan berlangsung, enam personil anggota sabara bersenjata lengkap dan 6 orang security menjaga ketat kantor Imigrasi Mataram, pintu masuk dijaga ketat. Wartawan tidak diijinkan mendekati atau memasuki lokasi penggeledahan.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X