Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cegah Pergerakan Massa 22 Mei, Polisi Kebumen Razia Kendaraan yang Mengarah ke Jakarta

Kompas.com - 21/05/2019, 19:26 WIB
Fadlan Mukhtar Zain,
David Oliver Purba

Tim Redaksi

KEBUMEN, KOMPAS.com - Jajaran Polres Kebumen, Jawa Tengah, gencar merazia kendaraan umum dan pribadi yang disinyalir akan mengikuti aksi "people power" di Jakarta, pada 22 Mei. 

Kasubbag Humas Polres Kebumen AKP Suparno menjelaskan, razia digelar di beberapa titik, salah satunya di Terminal Bus Kebumen. Seluruh kendaraan umum maupun pribadi dicek barang bawaannya oleh petugas gabungan.

"Dari hasil razia yang kami gelar di beberapa titik, sampai saat ini tidak ada yang bertolak ke Jakarta untuk ikut aksi itu," kata Suparno melalui keterangan tertulis, Selasa (21/5/2019).

Baca juga: [Hoaks] Pesan WhatsApp Kerusuhan di Sun Plaza Medan hingga Pajak Petisah pada 22 Mei

Suparno meminta agar warga tidak mengikuti aksi "people power" karena dinilai berbahaya. Beberapa hari terakhir, sejumlah teroris diamankan oleh anggota Densus 88 Antiteror yang diduga akan melancarkan aksinya pada saat aksi digelar.

Suparno mengatakan, saat ini Polres Kebumen bersama dengan Kodim 0709 Kebumen tengah siaga 1 mengamankan Kebumen, jelang pengumumnan hasil rekapitulasi suara oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI di Jakarta pada 22 Mei.

"Kami meminta warga masyarakat tetap tenang. Siaga 1 hanya berlaku untuk TNI dan Polri. Namun, secara situasi umum, hingga sampai saat ini di Kebumen aman dan kondusif," ujar Suparno.

Baca juga: Wagub Sulut: Silahkan ke Mahkamah Konstitusi Tidak Usah People Power

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com