Makanan Berformalin dan Pewarna Tekstil Ditemukan di Pasar Tradisional Purwokerto

Kompas.com - 21/05/2019, 11:33 WIB
Kepala Kantor POM Banyumas Suliyanto menunjukkan makanan yang mengadung bahan berbahaya di Pasar Manis Purwokerto, Jawa Tengah, Selasa (21/5/2019). KOMPAS.com/FADLAN MUKHTAR ZAIN Kepala Kantor POM Banyumas Suliyanto menunjukkan makanan yang mengadung bahan berbahaya di Pasar Manis Purwokerto, Jawa Tengah, Selasa (21/5/2019).


PURWOKERTO, KOMPAS.com - Badan Pengawas Obat dan Makanan (POM) menemukan sejumlah makanan mengandung bahan berbahaya saat melakukan pengawasan di Pasar Manis Purwokerto, Jawa Tengah, Selasa (21/5/2019).

Kepala Kantor POM Banyumas Suliyanto mengatakan, dalam kegiatan tersebut pihaknya mengambil sekitar 32 sampel makanan, antara lain bakso, kerupuk, ikan teri dan lainnya.

"Kami mengambil beberapa sampel, masih kami temukan beberapa mengandung bahan berbahaya seperti formalin dan rhodamin B dan formalin," kata Suliyanto, di Purwokerto, Selasa (21/5/2019).

Baca juga: Sidak Makanan, Ditemukan Teri Medan Mengandung Formalin di Yogyakarta


Suliyanto mengatakan, rhodamin B merupakan bahan pewarna tekstil, sedangkan formalin biasanya digunakan sebagai bahan pengawet mayat.

"Kedua bahan berbahaya tersebut digunakan pelaku usaha dicampurkan pada makanan, ini sangat berbahaya bagi masyarakat. Bahan-bahan tersebut tidak boleh dimasukkan dalam tubuh manusia, apabila paparan dalam jumlah besar bisa menyebabkan kematian," ujar Suliyanto.

Baca juga: Di Cianjur, Polisi Gerebek Pabrik Mi yang Diduga Mengandung Formalin dan Borak

Untuk menghindari penyebaran makanan tersebut, Suliyanto mengatakan telah meminta pedagang untuk menarik makanan yang mengandung bahan berbahaya.

"Kami juga akan menelusuri kepada pemasok makanan, kami lakukan pembinaan lebih lanjut, kalau tidak seperti itu tidak akan putus. Kami lakukan pengawasan dan penindakan yang lebih berat," kata Suliyanto.

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X