Satu Mobil dan 4 Motor Tertabrak Kereta Api di Perlintasan Purwosari Solo

Kompas.com - 20/05/2019, 23:08 WIB
Petugas kepolisian dibantu warga mencoba mengevakuasi mobil Toyota Yaris yang tertabrak kereta api di perlintasan kereta api Purwosari, Solo, Jawa Tengah, Senin (20/5/2019) malam. KOMPAS.com/LABIB ZAMANIPetugas kepolisian dibantu warga mencoba mengevakuasi mobil Toyota Yaris yang tertabrak kereta api di perlintasan kereta api Purwosari, Solo, Jawa Tengah, Senin (20/5/2019) malam.


SOLO, KOMPAS.com - Kecelakaan melibatkan satu mobil dan empat sepeda motor dengan kereta api Jayakarta relasi Jember-Cirebon terjadi di pintu perlintasan Purwosari, Solo, Jawa Tengah, Senin (20/5/2019) malam.

Akibat kecelakaan itu, dua penumpang mobil Toyota Yaris B 1992 EKZ warna putih dan empat pengendara sepeda motor mengalami luka ringan dan dilarikan ke rumah sakit.

Sedangkan kondisi mobil rusak berat karena terseret sekitar 50 meter.

Menurut saksi mata, Rima, kecelakaan tersebut terjadi sekitar pukul 19.26 WIB. Awalnya, palang pintu perlintasan ditutup karena dari arah selatan ke utara melintas kereta lokomotif tanpa gerbong menuju Stasiun Purwosari.

Baca juga: Terobos Palang Pintu, Pengendara Sepeda Motor di Karawang Tewas Tertabrak Kereta Api

Setelah itu, penjaga membuka kembali palang pintu perlintasan. Sementara, dari utara ke selatan melintas kereta api Jayakarta relasi Jember-Cirebon.

" Mobil itu masuk perlintasan posisi palang pintu belum ditutup. Dari arah utara ke selatan ada kereta api dan tertabrak," kata dia.

Manajer Humas PT KAI Daop 6 Yogyakarta Eko Budiyanto mengatakan, pihaknya masih mengembangkan terkait kecelakaan tersebut.

Meski demikian, pihaknya mengimbau agar para pengguna jalan yang melintas untuk mengutamakan keselamatan.

"Di situ sudah ada rambu-rambu. Jangan sampai masyarakat menggantungkan petugas palang pintu perlintasan," kata Eko.

Menurut Eko, di Daop 6 Yogyakarta ada cukup banyak perlintasan kereta api. Data sampai saat ini ada sekitar 414 perlintasan dan semuanya masuk katagori rawan, baik itu ada penjaganya atau tidak.

"Dari 414 perlintasan ini ada 236 yang tidak dijaga dan yang tidak resmi ada 58 perlintasan kereta. Sisanya dijaga," ungkap dia.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X