Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Raih 11.291 Suara, Bankir Ini Melenggang Jadi Anggota Dewan

Kompas.com - 20/05/2019, 13:04 WIB
Sukoco,
Rachmawati

Tim Redaksi

MAGETAN , KOMPAS.com - Sujatno, caleg dari PDIP nomor urut 2 tercatat sebagai caleg dengan perolehan suara terbanyak sepanjang penyelenggaraan pemilu di Kabupaten Magetan.

Ia mendapatkan lebih dari 11.000 suara pada Pemilu 2019 lalu.

“ Caleg tersebut memperoleh suara sebanyak 11.291 suara. Rekor ini di Magetan,” ujar Ketua KPU Magetan Poppy Marca Putranto, Minggu (19/05/2019).

Sujatno adalah pendatang baru di dunai politik. Ditemui di kantornya, Jumat (17/05), pria berusia 47 tahun itu mengaku tidak menyangka jika mendapat suara begitu banyak dalam Pemilu 2019.

"Fokus saya sebetulnya kemenangan partai. Misal saya nggak jadi pun minimal saya sudah menyumbang suara untuk partai,” katanya.

Baca juga: Caleg Gerindra Dapil IX Jabar Lolos ke Senayan Walau Meninggal Sehari Sebelum Coblosan

Penyuka olah raga sepeda tersebut baru menjabat sebagai Ketua DPC PDIP Kabupaten Magetan pada Juli 1918 lalu, pasca partainya kalah saat pemilihan Bupati Magetan 

Menurutnya pasca partainya kalah saat pilbup, bukan perkara mudah mempersiapkan PDIP untuk memenangkan pertarungan pileg, karena waktu yang tersisa sangat sedikit.

"Alhamdulillah ada kenaikan jumlah wakil PDIP di DPRD Magetan. Kemarin delapan kursi, kali ini kursi PDIP tambah dua di Magetan,” imbuhnya.

Selain penambahan kursi DPRD tingkat II, Partai PDIP Kabupaten Magetan juga mengirim tiga kadernya duduk di DPRD tingkat I Jawa Timur.

Sebelumnya keterwakilan kader PDIP Kabupaten Magetan di Provinsi Jawa Timur terwakili oleh dua kursi.

PDIP Magetan juga memperoleh suara yang cukup signifikan untuk caleg Johan Budi, mengingat ketatnya persaingan caleg DPR RI di dapil 7.

“Dari dapil 7 Pemilu 2019 untuk DPR RI mendapat dua kursi dari sebelumnya hanya satu kursi,” ucapnya.

Baca juga: PKB Jabar Wajibkan Seluruh Caleg Terpilih Ikut Sekolah Politik

Selain itu, suara pasangan calon presiden dan wakil presiden Jokowi-Ma’ruh Amin berhasil mengungguli pasangan capres dan cawapres nomor urut 2 dengan perolehan suara 67,7 persen suara. Padahal pada pilpres sebelumnya, capres dan cawapres Prabowo mendominasi perolehan suara di Magetan

Berawal dari Dunia Perbankan

Sehari-hari Sujatno menjabat sebagai Dirut Bank Perkreditan Rakyat BPR Eka Dharma di Magetan. Dunia perbankan telah digelutinya selama lebih dari 28 tahun.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com