Dede Yusuf Lolos ke Senayan, Janji Dorong Pendidikan Vokasi di Dapil Jabar 2

Kompas.com - 17/05/2019, 11:45 WIB
Dede Yusuf KOMPAS.com/PUTRA PRIMA PERDANA Dede Yusuf

BANDUNG, KOMPAS.com – Calon legislatif dari Partai Demokrat Dede Yusuf Macan Effendi kembali lolos menjadi anggota DPR RI dengan raihan suara 165.182 di daerah pemilihan 2 Jabar, Kabupaten Bandung dan Bandung Barat (KBB).

Mantan wakil gubernur Jabar tersebut telah menyiapkan sejumlah program, di antaranya membangun pendidikan vokasi agar tingkat keterserapan masyarakat di lapangan kerja tinggi.

“Kabupaten Bandung dan KBB sebagiannya daerah industri, namun banyak masyarakat di sana belum bisa bekerja di sektor industri,” ujar Dede saat dihubungi Kompas.com melalui telepon seluler, Kamis (16/6/2019) malam.

Baca juga: Dede Yusuf Kembali ke Senayan Berkat Istilah “Jangan Seperti Mendorong Mobil Mogok”

Akibatnya, lapangan pekerjaan di bidang industri ini diisi oleh masyarakat di luar Dapil 2. Setelah ditelusuri, ada beberapa penyebab.

Pertama, skill yang dimiliki masyarakat Dapil 2 tidak cocok dengan industri. Kedua, meski bursa kerja banyak, namun skill yang tidak sesuai, membuat masyarakat tidak bisa terlibat di industri.

“Lapangan kerjanya ada, skill-nya ga ada. Ini harus dikoordinasikan dengan Pemprov, pemerintah pusat untuk melakukan pemetaan dan zonasi,” ucapnya.

Itu pulalah yang menarik Dede untuk membangun meningkatkan kemampuan vokasi warga melalui sejumlah kursus. Bukan hanya mengandalkan pendidikan di SMK.

Baca juga: Lolos ke Senayan, Dede Yusuf Sebut Perolehan Suaranya Tak Sesuai Target

“Saya mendorong ada program-program pelatihan yang bisa kita salurkan untuk adik-adik kita di karang taruna, masjid, kelompok petani yang belum mendapat pelatihan kerja. Itu yang akan kami perjuangkan,” imbuhnya.

Selain itu, ia akan mengoptimalkan tim advokasi yang dimiliki. Tim ini akan memberikan advokasi hukum maupun pendampingan untuk masyarakat yang memiliki masalah dengan penyelenggara pemerintahan dan lainnya.

Misal, warga yang menghadapi sengketa, penolakan BPJS, dan lainnya akan dibantu tim advokasi tersebut.

Tak hanya itu, Dede akan melanjutkan program yang sudah ada yakni pembinaan kelompok-kelompok kerja. Yakni membina masyarakat untuk mendapatkan pelatihan, akses permodalan, dan pekerjaan yang mereka harapkan.

Halaman:
Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X