7 Fakta Kisah Artis Gagal ke Senayan, Bukan Petarung Elektoral hingga Gara-gara Partai Tak Dapat Kursi

Kompas.com - 15/05/2019, 11:22 WIB
Ahmad Dhani datang ke Pengadilan Negeri Surabaya untuk menghadiri sidang lanjutan perkara ujaran kebencian, Selasa (23/4/2019) KOMPAS.com/ACHMAD FAIZALAhmad Dhani datang ke Pengadilan Negeri Surabaya untuk menghadiri sidang lanjutan perkara ujaran kebencian, Selasa (23/4/2019)

KOMPAS.com - Sejumlah artis lolos ke senayan, namun tak sedikit juga artis yang gagal. Ahmad Dhani dan Mulan Jameela dipastikan tidak lolos ke gedung parlemen setelah jumlah suaranya tidak sesuai harapan.

Berdasar hasil rekapitulasi KPU Jawa Timur, Ahmad Dhani hanya mendapat 40.148 suara. Sedangkan istrinya hanya meraup 24.192 suara di dapil Jawa Barat.

Sementara itu, caleg artis Angel Lelga kalah perolehan suaranya, jauh di bawah Rieke Diah Pitaloka, Si "Oneng". 


Angel meraup 9.220 suara, sedangkan Si "Oneng" meraih suara 169.729. Hal itu membuat Angel batal mewujudkan mimpinya menjadi anggota dewan. 

Berikut ini fakta di balik artis yang gagal lolos ke Senayan:

1. Ahmad Dhani dan Mulan Jameela gagal lolos

Ahmad Dhani usai sidang di PN Surabaya, Selasa (2/4/2019)KOMPAS.com/ACHMAD FAIZAL Ahmad Dhani usai sidang di PN Surabaya, Selasa (2/4/2019)

Berdasarkan metode hitung Pileg 2019 dari hasil rekapitulasi suara Pileg 2019 KPU Jawa Timur, dari 16 caleg artis, dipastikan tidak lolos.

Salah satu nama artis yang sempat digadang-gadang lolos ke senayan adalah Ahmad Dhani.

Namun, caleg dari Partai Gerindra itu ternyata gagal. Menurut Direktur SCG Research and Consulting, Didik Prasetiyono, ada beberapa faktor penyebab gagalnya para artis ke Senayan.

Salah satunya,  artis bukanlah petarung elektoral yang bersedia door to door bertemu rakyat.

"Kalau caleg politisi tahu betul bagaimana mendekati pemilih," kata Didik, Selasa (14/5/2019).

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X