Salin Artikel

7 Fakta Kisah Artis Gagal ke Senayan, Bukan Petarung Elektoral hingga Gara-gara Partai Tak Dapat Kursi

KOMPAS.com - Sejumlah artis lolos ke senayan, namun tak sedikit juga artis yang gagal. Ahmad Dhani dan Mulan Jameela dipastikan tidak lolos ke gedung parlemen setelah jumlah suaranya tidak sesuai harapan.

Berdasar hasil rekapitulasi KPU Jawa Timur, Ahmad Dhani hanya mendapat 40.148 suara. Sedangkan istrinya hanya meraup 24.192 suara di dapil Jawa Barat.

Sementara itu, caleg artis Angel Lelga kalah perolehan suaranya, jauh di bawah Rieke Diah Pitaloka, Si "Oneng". 

Angel meraup 9.220 suara, sedangkan Si "Oneng" meraih suara 169.729. Hal itu membuat Angel batal mewujudkan mimpinya menjadi anggota dewan. 

Berikut ini fakta di balik artis yang gagal lolos ke Senayan:

Berdasarkan metode hitung Pileg 2019 dari hasil rekapitulasi suara Pileg 2019 KPU Jawa Timur, dari 16 caleg artis, dipastikan tidak lolos.

Salah satu nama artis yang sempat digadang-gadang lolos ke senayan adalah Ahmad Dhani.

Namun, caleg dari Partai Gerindra itu ternyata gagal. Menurut Direktur SCG Research and Consulting, Didik Prasetiyono, ada beberapa faktor penyebab gagalnya para artis ke Senayan.

Salah satunya,  artis bukanlah petarung elektoral yang bersedia door to door bertemu rakyat.

"Kalau caleg politisi tahu betul bagaimana mendekati pemilih," kata Didik, Selasa (14/5/2019).

Bertarung di Dapil XI, Mulan hanya meraup suara 24.192. Angka itu mengungguli Reza Artamevia yang hanya mendapat 4.505 suara.

Namun, suara Mulan tersebut tidak cukup untuk meloloskan dirinya ke gedung DPR RI sebagai anggota parlemen.

Sementara itu, kepastian pasangan artis Ahmad Dhani dan Mulan Jameela tak lolos dibenarkan oleh Wakil Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Andre Rosiade.

"Dia (Ahmad Dhani) enggak lolos, Mulannya juga enggak lolos," kata Andre saat dihubungi Kompas.com, Selasa (7/5/2019)

Andre Hehanusa, Sundari Soekotjo, dan nama artis Manohara Odelia Pinod dipastikan tidak lolos menjadi anggota DPR periode 2019-2024.

Andre Hehanusa yang diusung PDI-P hanya mendapatkan 26.139 suara. Sundari Soekotjo yang diusung PKB mendapatkan 9.754 suara dan Manohara Odelia Pinod 6.865 suara.

Dari hasil penelusuran Kompas.com, dari jajaran artis, musisi dan penyanyi yang maju di dapil Jatim 1, hanya caleg petahana Arzeti Bilbina yang dipastikan lolos ke Senayan untuk kedua kalinya.

Mantan pesinetron ini mengumpulkan 53.185 suara. Di partainya, Arzeti menjadi juara kedua di bawah perolehan suara Syaikhul Islam dengan 140.631 suara.

Hasil rekapitulasi suara Pileg 2019 KPU Jatim yang diolah menggunakan metode hitung Pileg 2019 oleh SCG Research and Consulting menyebut, Emilia Contessa tetap tidak lolos meski suaranya tertinggi di partainya.

Emilia Contessa yang sebelumnya menjabat anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) dari Jawa Timur itu maju melalui Partai Amanat Nasional (PAN) dari dapil Jatim 4 meliputi Jember dan Lumajang.

"Sayangnya meski dia memperoleh suara tertinggi di antara caleg PAN lainnya yakni 29.265 suara, PAN tidak mendapatkan kursi di dapil Jatim 4," kata Direktur SCG Research and Consulting, Didik Prasetiyono, Senin (13/5/2019).

Sementara Denada yang maju melalui partai yang sama dengan ibunya, dari dapil Jatim 8 meliputi Kabupaten dan Kota Mojokerto, Kabupaten dan Kota Madiun, Nganjuk, dan Jombang, hanya mendapatkan 43.573 suara.

Dilansir dari Tribunnews, vokalis band Nidji, Giring, tak berhasil melenggang ke senayan sebagai anggota parlemen periode 2019-2024.

Vokalis dengan nama Giring Ganesha itu diketahui maju sebagai caleg dari Partai Solidaritas Indonesia (PSI). Sayangnya, suara PSI tak mencukupi ambang batas untuk memasukkan wakilnya.

Seperti diketahui, PSI yang hanya mampu meraih 2 persen suara pemilu. Perolehan suara Giring Nidji yang mencapai 47.069 suara di Dapil I Jawa Barat, tak meloloskan dirinya.

Peraturan terbaru mengharuskan partai politik memiliki suara minimal 4 persen untuk caleg DPR RI.

Artis Cantik Angel Lelga dipastikan tidak lolos ke gedug parlemen setelah Partai Perindo tidak memenuhi ambang batas 4 persen. 

Seperti diketahui, Angel Lelga bertarung di Dapil VII Jawa Barat. Pesaingnya, Rieke Diah Pitaloka meraup suara 169.729.

Sementara itu, Angel Lelga berhasil meraup suara 9.220 suara. Dapil VII tersebut meliputi wilayah Kabupaten Purwakarta, Kabupaten Karawang dan Kabupaten Bekasi.  

Presenter kondang Choky Sitohang diprediksi gagal melenggang ke Senayan, meskipun perolehan suaranya cukup meyakinkan, yaitu 23.734 suara. 

Choky tercatat sebagai caleg DPR RI dapil Jabar 1 yang meliputi Kota Bandung dan Cimahi dari Partai Perindo.

Namun sayangnya, Partai Perindo gagal memenuhi ambang batas nasional, yaitu 4 persen. Hal ini membuat Choky batal menuju ke senayan.

Sumber: KOMPAS.com (Haryanti Puspa Sari, Achmad Faizal, Deytri Robekka Aritonang, Dendi Ramdhani)/ Tribunnews (Anita K Wardhani)

 

https://regional.kompas.com/read/2019/05/15/11222041/7-fakta-kisah-artis-gagal-ke-senayan-bukan-petarung-elektoral-hingga-gara

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke