Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dilantik, Wali Kota Padang Diingatkan Soal Janji Kampanye

Kompas.com - 13/05/2019, 14:54 WIB
Perdana Putra,
Candra Setia Budi

Tim Redaksi

PADANG, Kompas.com - Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno mengingatkan Wali Kota Padang, Mahyeldi dan wakilnya Hendri Septa supaya dapat memenuhi janji-janji yang disampaikan kepada masyarakat saat kampanye Pilkada lalu.

"Wali Kota harus ingat merealisasikan janjinya saat kampanye. Susunlah dalam bentuk RPJMD dan duduk bersama dengan DPRD Padang," kata Irwan Prayitno usai melantik Mahyeldi-Hendri Septa sebagai Wali Kota Padang dan Wakil Wali Kota Padang, Senin (13/5/2019) di auditorium Gubernuran Sumbar.

Baca juga: Dilantik 13 Mei, Wali Kota dan Wakil Wali Kota Padang Fokus Kembangkan Potensi Milenial

Irwan menyebutkan Kota Padang adalah ibu kota provinsi sehingga menjadi barometer Sumbar dalam berbagai sektor. Dengan demikian, Padang akan menjadi acuan bagi daerah lain.

Wali Kota Padang Mahyeldi mengatakan, pihaknya akan merealisasikan janji kampanyenya dengan memprioritaskan pembangunan sejumlah sektor diantaranya pendidikan, perdagangan dan pariwisata.

Sektor itu, kata dia harus memiliki daya saing dengan kota lain di Indonesia dan bahkan luar negeri.

Di sektor pendidikan, pihaknya akan meningkatkan kualitas pendidikan melalui peningkatan SDM guru-guru. Kemudian dari segi perdagangan, produk UMKM mesti dapat masuk ke pasar luar negeri, kerjasama dengan kota-kota di luar negeri guna memasarkan produk.

"Salah satu unggulan Padang lainnya adalah pariwisata. Kami akan menata lokasi pariwisata dan meningkatkan pelayanan agar wisatawan terus meningkat," ujarnya.

Baca juga: Cegah Aksi Perkelahian Kelompok Masyarakat dan Premanisme di Padang, Polisi Bentuk Satgas

Selain itu, kata Mahyeldi, Padang sudah melengkapi semua persyaratan menjadi kota yang skala internasional, seperti memenuhi kebutuhan air melalui PDAM, dan pasokan listrik dengan PLN kepada masyarakat.

Kemudian, moda tranpsortasi yang nyaman dengan Trans Padang. Kemudian, jalur kereta api yang akses masuk ke lokasi strategis.

"Kami berkomitmen untuk menjadikan Padang sebagai kota internasional akan dan hal itu tidak terlepas dari dukungan dan peran serta masyarakat," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com