Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cegah Aksi Perkelahian Kelompok Masyarakat dan Premanisme di Padang, Polisi Bentuk Satgas

Kompas.com - 09/05/2019, 11:36 WIB
Perdana Putra,
Candra Setia Budi

Tim Redaksi

PADANG, Kompas.com – Untuk mencegah dan penanganan perkelahian antar kelompok masyarakat, serta kelakuan preman dan aksi premanisme selama bulan Ramadhan. Polres Padang Pariaman melakukan Operasi Bina Kusuma Singgalang.

"Kita tidak ingin selama Ramadhan terjadi kasus perkelahian antar kelompok masyarakat. Untuk mencegahnya, kita lakukan operasi," kata Kapolres Padang Pariaman AKBP Rizki Nugroho kepada Kompas.com, Kamis (9/5/2019).

Baca juga: Polisi Temukan Buku Petunjuk Bikin Bahan Peledak di Toko Ponsel di Bekasi

Menurut Rizki, operasi ini juga difokuskan untuk pencegahan kelakuan preman dan aksi premanisme, pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan narkoba, pencegahan dan penegakan hukum atas tindakan Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT).

"Selain itu untuk pemberantasan penyakit masyarakat, penanganan kekerasan terhadap perempuan dan anak, serta gangguan Kamtibmas lainnya," ujarnya.

Rizki menyebutkan, untuk melaksanakan operasi itu. Pihaknya membentuk sejumlah satuan petugas (Satgas) yakni Satgas Deteksi Dini dikoordinasikan Satuan Intelkam Polres Padang Pariaman.

Kemudian Satgas Pre-emtif dikoordinasikan Satuan Binmas Polres Padang Pariaman, Satgas Preventif dikoordinasikan Satuan Samapta Polres Padang Pariaman.

Baca juga: Polisi Tembak Mati Bandar Narkoba yang Kabur dari Sel Tahanan, Keluarga Temukan Kejanggalan

Kemudian Satgas Penegakkan Hukum dikoordinasikan Satuan Reskrim Polres Padang Pariaman dan Satgas Bantuan Operasional dikoordinasikan Subbag Humas Bag Ops Polres Padang Pariaman.

"Kita juga sudah melakukan latihan pra operasi di aula Waspada Polres Padang Pariaman pada Rabu kemarin," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com