Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Tiga Jalur Favorit Pemudik di Karawang

Kompas.com - 10/05/2019, 14:05 WIB
Farida Farhan,
Rachmawati

Tim Redaksi

KARAWANG, KOMPAS.com - Di Karawang terdapat tiga jalur yang menjadi favorit para pemudik, yakni jalur tol, jalur arteri, dan jalur alternatif sepeda motor.

Saat ini, pihak kepolisian sedang menyiapkan pola rekayasa lalu lintas di sepanjang jalur mudik.

Kasat Lantas Polres Karawang AKP Bariu Bawana mengatakan jalur tol yang melintasi Karawang sepanjang 28 kilometer, dari perbatasan bekasi hingga arah Cipali kilometer 69 dan arah Cipularang kilometer 67. Di jalur ini terdapat delapan trouble spot, yang terdiri dari rest area besar maupun kecil serta tersedia parking bay.

Baca juga: KPK Imbau PNS Tak Gunakan Kendaraan Dinas untuk Mudik Lebaran

Kemudian utnuk jalur utama atau arteri pantura sepanjang 42 kilometer, dari perbatasan Kabupaten Bekasi hingga Subang.

Terakhir adalah jalur alternatif sepeda motor sepanjang 48 kilometer dari perempatan Tanjungpura, Lamaran, sampai Cikalong. Jalur ini akan digunakan jika jalur arteri dan tol mengalami kemacetan parah. Untuk pemisahan pemudik motor dengan pemudik mobil akan dilakukan di flyover Lamaran.

"Kita tengah tengah mempersiapkan rapat lintas sektoral untuk membahas pengamanan mudik, termasuk penempatan personel, sarana, dan prasarana," kata Bariu kepada Kompas.com di Mapolres Karawang, Jumat (10/5/2019).

Bariu mengatakan, beberapa titik rawan macet di antaranya pasar tumpah, jalur arteri perbatasan Kabupaten Bekasi, simpang, flyover, lampu merah Pendeuy, dan titik crossing kendaraan.

Baca juga: Ruas Jalur Selatan di Banyumas Dibeton dan Ditarget Rampung H-15 Lebaran

Meski demikian, Satlantas Polres Karawang tetap akan melakukan antisipasi kemacetan di sepanjang jalur.

Rencananya, polisi akan menempatkan 170 personel yang terdiri dari 140 personel dari Satlantas Polres Karawang, ditambah 30 personel dari polsek setempat. Koordinasi dengan pihak terkait terus dilakukan, baik untuk pengalihan arus maupun kelayakan jalan.

"Papan petunjuk jalan juga akan disiapkan dengan maksimal. Akan dilakukan double check," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com