Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baliho Ucapan Selamat Jokowi-Ma’ruf di Solo Diturunkan Satpol PP

Kompas.com - 06/05/2019, 10:43 WIB
Labib Zamani,
Candra Setia Budi

Tim Redaksi

SOLO, KOMPAS.com - Dua baliho ucapan selamat kepada pasangan capres dan cawapres nomor urut 01 Jokowi-Ma'ruf Amin yang berada di dua lokasi di Solo, Jawa Tengah, diturunkan petugas Satpol PP Kota Surakarta.

Penurunan baliho ucapan selamat tersebut merupakan perintah Wali Kota Surakarta yang juga Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Surakarta, FX Hadi Rudyatmo.

Penurunan baliho itu dilakukan dengan tujuan untuk menciptakan suasana Kota Solo aman dan kondusif selama menunggu keputusan hasil resmi KPU yang akan diumumkan pada 22 Mei mendatang.

"Saya punya komitmen yang sama. Spanduk siapapun yang masang langsung saya turunkan. Saya minta Satpol PP untuk menurunkan. Mau saya Solo tetap kondusif," kata Rudy di Solo, Jawa Tengah, Senin (6/5/2019).

Baca juga: Real Count KPU, Jokowi-Maruf Amin Menang di Semua Kecamatan di Solo

Adapun dua baliho ucapan selamat untuk pasangan Jokowi-Ma'ruf yang diturunkan itu berada di kawasan Sumber, Kecamatan Banjarsari dan Jalan Gotong Royong Kelurahan Sewu, Kecamatan Jebres.

"Spanduk siapapun yang masang langsung saya turunkan. Saya tidak pilih-pilih," tegas dia.

Bahkan, dirinya mengaku setiap malam keliling Solo untuk memantau kemungkinan adanya pemasangan spanduk atau baliho yang dapat mengganggu kenyamanan dan keamanan Solo.

"Kemarin saya keliling di sana (Banyuanyar) Sumber, ada baliho malang di tengah jalan langsung Satpol PP saya telepon untuk menurunkan. Di Kampung Sewu ada baliho dipasang tinggi saya kirim skywalker untuk menurunkannya," terangnya.

Baca juga: Puluhan Karangan Bunga untuk Jokowi-Maruf Amin Terpajang di Solo

Oleh karena itu, pihaknya mengajak kepada seluruh pendukung pasangan calon presiden dan wakil presiden baik 01 maupun 02 untuk ikut menjaga kenyaman Solo. Pemilu 2019 telah selesai tinggal menunggu hasil keputusan resmi dari KPU.

Terpisah, Divisi Penyelesaian Sengketa Bawaslu Surakarta Arif Nuryanto juga mengimbau kepada tim kampanye agar tidak memasang spanduk ucapan selamat kepada paslon cepres dan cawapres maupun caleg sebelum hasil keputusan KPU keluar. Hal ini bertujuan untuk menjaga Kota Solo tetap kondusif.

"Kami mengimbau agar tim kampanye tidak memasang spanduk paslon atau caleg sebelum keputusan resmi dari KPU keluar. Imbaun ini sesuai arahan dari Bawaslu RI," terangnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com