Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Puluhan Karangan Bunga untuk Jokowi-Ma'ruf Amin Terpajang di Solo

Kompas.com - 02/05/2019, 07:15 WIB
Labib Zamani,
Farid Assifa

Tim Redaksi

SOLO, KOMPAS.com - Puluhan karangan bunga terpajang di sepanjang Jalan Letjen Suprapto Kelurahan Sumber, Kecamatan Banjarsari, Solo, Jawa Tengah.

Karangan bunga tersebut berisi ucapan selamat dari para pendukung calon presiden dan wakil presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ma'ruf Amin dalam Pemilu 2019 ini.

Salah satu karangan bunga itu bertuliskan "Mengucapkan Selamat kepada Presiden dan Wakil Presiden terpilih Periode 2019-2024 Ir H Joko Widodo dan KH Ma'ruf Amin #Kami Percaya Integritas KPU #Jokowi Presiden RI".

Berdasarkan pantauan Kompas.com di lokasi, Rabu (1/5/2019), terdapat puluhan karangan bunga ucapan selamat yang dijejerkan di tembok bangunan rumah milik warga sepanjang Jalan Letjen Suprapto tak jauh dari kediaman Jokowi.

Baca juga: [HOAKS] Pemungutan Suara Ulang di Solo

Karangan bunga ucapan selamat itu sebagian besar dikirim oleh para relawan pendukung pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin dan ada beberapa dari perusahaan kuliner di Solo.

Seorang petugas parkir di sekitar Graha Saba Buana, Sandi mengatakan, puluhan karangan bunga ucapan selamat untuk Jokowi-Ma'ruf Amin itu sudah sepekan lalu terpajang di sepanjang jalan. Karangan bunga tersebut datang secara bertahap.

"Sudah sepekan ini karangan bunga ucapan untuk Pak Jokowi dan Kiai Ma'ruf terpampang di sini. Karangan bunga ini datang bertahap," ujar dia.

Perwakilan keluarga Jokowi, Haryanto mengatakan, karangan bunga ucapan selamat tersebut merupakan inisiatif dari para pendukung Jokowi. Keluarga, kata pria yang akrab disapa Anto, hanya memfasilitasi tempat.

"Kita (keluarga) hanya memfasilitasi tempat agar tidak mengganggu. Kita tidak meminta (karangan bunga ucapan), tapi mereka sendiri yang mengirim," kata dia.

Anto mengatakan, telah meminta izin kepada pemilik rumah di sepanjang Jalan Letjen Suprapto untuk menempatkan karangan bunga ucapan selamat yang dikirim tersebut.

Baca juga: Syukuran Kemenangan Jokowi-Maruf, Komunitas Difabel Solo Raya Tumpengan

Bagi pemilik rumah yang tidak mengizinkan tempatnya dipakai untuk karangan bunga ucapan selamat untuk Jokowi-Ma'ruf, pihaknya juga tidak memaksa.

"Kami sudah izin kepada pemilik rumah yang digunakan untuk menempatkan karangan bunga ucapan selamat ini. Saat ini sudah ada sekitar 50-60 karangan bunga ucapan selamat," imbuh Anto.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com