Mengapa Borobudur Marathon Hanya Tampung 10.000 Peserta?

Kompas.com - 04/05/2019, 13:05 WIB
Sejumlah peserta berlari meninggalkan garis start pada Bank Jateng Borobudur Marathon (BJBM) 2017 di Taman Wisata Candi (TWC) Borobduur, Magelang, Jateng, Minggu (19/11). Sebanyak 8.754 peserta dari dalam dan luar negeri mengikuti BJBM yang meombakan tiga kategori Full Marathon (42 km), Half Marathon (21 km) dan 10 K (10 km) dengan total hadiah sebesar  Rp 2,3 miliar. ANTARA FOTO/Anis Efizudin/ama/17 ANTARA FOTO/ANIS EFIZUDINSejumlah peserta berlari meninggalkan garis start pada Bank Jateng Borobudur Marathon (BJBM) 2017 di Taman Wisata Candi (TWC) Borobduur, Magelang, Jateng, Minggu (19/11). Sebanyak 8.754 peserta dari dalam dan luar negeri mengikuti BJBM yang meombakan tiga kategori Full Marathon (42 km), Half Marathon (21 km) dan 10 K (10 km) dengan total hadiah sebesar Rp 2,3 miliar. ANTARA FOTO/Anis Efizudin/ama/17

SEMARANG, KOMPAS.com – Event kejuaraan lari internasional, Borobudur Marathon kembali digelar tahun 2019 ini.

Rencananya, kejuaraan itu digelar pada Minggu, 17 November 2019, di Komplek Taman Lumbini, Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.

Sama seperti tahun sebelumnya, event ini hanya menampung sebanyak 10.000 orang peserta. Slot lari untuk kejuaraan tidak bisa ditambah meski minat pesertanya selalu membeludak.

“Itu sudah maksimal, karena kami mempertimbangkan kapasitas jalan di sana, serta kenyamanan pelari itu sendiri. Kalau kebanyakan nanti justru tidak nyaman,” ujar Event Manager Harian Kompas, Budhi Sarwiadi, di Semarang, Sabtu (4/5/2019).


“Kondisi Borobudur yang tidak memungkinkan untuk menampung lebih banyak,” tambahnya.

Baca juga: Ganjar Ingin Borobudur Marathon Jadi Event Lari Terbaik di Indonesia

Meski demikian, panitia mencari sistem yang memungkinkan para pelari mendapat kesempatan yang sama untuk ikut dalam perlombaan itu.

Sistem yang dipilih, yaitu ballot, yang umum digunakan di event kejuaraan lari dunia.

Dari 10.000 slot peserta, 8.000 diantaranya akan diundi melalui sistem itu. Bagi peserta yang ingin ikut agar mendaftar di situs resmi Borobudur Marathon mulai 1 Mei sampai 31 Juni 2019.

Pengumunan peserta lolos akan diumumkan mulai 19 Juni, dan selanjutnya dilakukan registrasi bagi mereka yang lolos menjadi peserta.

Masing-masing peserta juga bebas memilih kategori Borobudur Marathon, seperti 10K, Half Marathon atau Marathon.

“Komposisi kategori lomba dibagi rata, antara 10K, HM, Marathon,” ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X