Kata Mahasiswa ITB soal Pemilu 2019: Arti Satu Suara hingga PR untuk Presiden Terpilih

Kompas.com - 30/04/2019, 10:14 WIB
Ilustrasi pemilu SERAMBI/M ANSHARIlustrasi pemilu

BANDUNG, KOMPAS.com – Meski telah usai, keriuhan Pemilu 2019 masih terasa hingga saat ini. Obrolan terkait pemilu, masih berlangsung di warung kopi, perkantoran, rumah-rumah, tak terkecuali kampus.

Seperti di Institut Teknologi Bandung ( ITB). Mahasiswa ITB masih terus mengikuti perkembangan pemilu.

Sebab sebagai bagian dari suara 5 juta pemilih pemula versi Daftar Penduduk Pemilih Potensial Pemilu (DP4) Ditjen Dukcapil, mereka ikut menentukan nasib Indonesia ke depan.

“Pemilu tahun ini menarik, seperti debat-debatnya yang menarik dan hot. Karena ga ada TV, saya bela-belain streaming di Youtube,” ujar Anindyta Puspita Ningrum, mahasiswa Teknik Geologi ITB kepada Kompas.com di Kampus ITB, Jalan Ganesha Bandung, Senin (29/4/2019) malam.

Baca juga: Kata Mahasiswa Unpad soal Kriteria Presiden Masa Depan dan Harapan bagi Presiden Terpilih

Dari debat tersebut, mahasiswa angkatan 2015 ini melihat, salah satu calon terlihat ambisius. Calon lainnya, karena petahana, masyarakat bisa menilai kinerjanya.

Selain itu, mahasiswa Teknik Geologi ITB lainnya, Bonardo Damanik menambahkan, hal menarik lainnya dalam Pemilu 2019 adalah fanatisme pendukung kedua kubu.

Arti Satu Suara

Pengalaman berbeda dirasakan Onasis C Naibaho dan Dahlia Maria Simamora, mahasiswa Sekolah Bisnis Manajemen (SBM) ITB angkatan 2018.

Bagi mereka, Pemilu 2019 adalah pengalaman pertamanya memilih dan dilaksanakan di luar tanah kelahirannya, Sumatera Utara.

Meski berada jauh dari daerah asalnya, mereka tetap memilih di Bandung. Sebab mereka merasa, satu suara bisa menentukan masa depan Indonesia.

“Awalnya sih pernah merasa apa perlunya satu suara, toh satu suara ga penting. Tapi begitu dipikir, satu suara bisa menentukan masa depan bangsa, Indonesia tuh ada di tangan kamu,” ujar Onasis.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X