KILAS DAERAH

DIhadapan Perwakilan Vietnam dan India, Pemkot Makassar Jelaskan Sombere’ & Smart City

Kompas.com - 27/04/2019, 08:00 WIB
Para perwakilan dari India dan Vietnam berkunjung ke Makassar War Room dan sedang mendengarkan penjelasan dari Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Makassar KOMPAS.com / Hendra CiptoPara perwakilan dari India dan Vietnam berkunjung ke Makassar War Room dan sedang mendengarkan penjelasan dari Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Makassar

MAKASSAR, KOMPAS.com – Sekertaris Dinas komunikasi dan Informatika Kota Makassar, Denny Hidayat memaparkan berbagai keunggulan dari program Makassar Sombere’ & Smart City.

Selama satu jam lebih, berbagai capain dari sejumlah implementasi program yang berjalan di kota Makassar di jelaskan dihadapan sejumlah delegasi India dan Vietnam yang tengah berkunjung di Gedung Balaikota Makassar, jumat (26/4/2019).

“Pengelolaan kota sehat dan cerdas di Kota Makassar tidak terlepas dari narasi besar kami yakni Makassar Sombere’ & Smart City. Ini dipercaya memiliki dampak yang besar terhadap kesehatan, bahkan yang berada diluar sektor kesehatan," ujar Denny.

Secara implementasi teknis, kata dia, terwujudnya hal itu tentu sangat berhubungan dengan pengambilan keputusan tentang infrastruktur transportasi, lingkungan, sanitasi, pendidikan, rekreasi, teknologi informasi dan komunikasi (TIK).

Kata Denny, ketika pengambilan keputusan tersebut mampu diselaraskan melalui TIK, tentu harapannya dapat memperbaiki akses terhadap layanan kesehatan, dan mengurangi gaya hidup tidak sehat.

Kemudian mengurangi pula faktor resiko lingkungan untuk gizi buruk dan penyakit, mengurangi kecepatan penularan wabah penyakit menular, serta meningkatkan ketersediaan data yang dapat digunakan untuk pembuatan keputusan perkotaan secara menyeluruh.

Maka dari itu, lanjut Denny, untuk menuju kota lebih sehat dengan cara lebih smart , Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar melakukan kemitraan smart city dan membuat struktur koordinasi kesehatan kota.

Tujuannya supaya dapat memberi nilai tambah melalui sasaran dan metrik kesehatan yang lebih baik pada proyek infrastruktur dan TIK yang diusulkan, meningkatkan interoperabilitas sistem data, dan meningkatkan efisiensi pengeluaran multi sektor di perkotaan.

"Hal ini juga termasuk membuka partisipasi warga yang cerdas melalui integrasi sistem pelaporan warga kota," ucapnya.

Berbagai inovasi

Halaman:
Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X