Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Telat Hampir 3 Jam di Medan, Jokowi Bilang "Saya Bangga, Semua Masih Menunggu..."

Kompas.com - 06/04/2019, 10:43 WIB
Kontributor Medan, Mei Leandha,
Caroline Damanik

Tim Redaksi

MEDAN, KOMPAS.com — Jokowi datang terlambat dalam undangan Pertemuan Terbatas Calon Presiden Nomor Urut 01 Joko Widodo dengan Masyarakat Sumatera Utara, Jumat (5/4/2019).

Menurut jadwal, acara dimulai pukul 19.00 WIB.

Massa sudah membeludak sepanjang Jalan Aksara Medan sampai halaman parkir Stadion Mini di Jalan Pancing, Kecamatan Percutseituan, Kabupaten Deliserdang, sejak sore.

Baru pada pukul 21.45 WIB, Jokowi tiba di lokasi bersama Iriana Jokowi; menantunya, Bobby Nasution; Ketua Tim Kampanye Nasional Erick Tohir; Moeldoko; dan Yasona Laoly.

Baca juga: Kampanye Jokowi-Maruf via Baliho, Caleg Demokrat Ini Siap Dipecat

Tanpa duduk, dia langsung naik ke podium. Ucapan awal sebelum orasi politiknya dimulai adalah meminta maaf atas keterlambatannya dan berterima kasih karena sudah menunggu.

"Terima kasih yang sebesar-besarnya kepada alim ulama, tokoh masyarakat, agama, seluruh etnis, dan para pendukung yang masih mau menunggu sampai pukul 22.00 WIB. Ini menunjukkan militansi dan kekuatan kita semua di Sumatera Utara," kata Jokowi disambut tepuk tangan dan riuh hadirin.

"Saya bangga karena masih menunggu, tidak bergeser sedikit pun. Saya akan lebih bangga jika kita semua tidak golput dan mencoblos pada 17 April nanti. Pada 2014 Jokowi-JK menang 55 persen di sini. Tahun ini menurut hitungan dan kalkulasinya, Jokowi-Ma'ruf harus menang lebih dari 65 persen. Sanggup? Kalau sanggup angkat jempolnya," katanya lagi sambil tersenyum kepada para pendukungnya.

Baca juga: 5 Fakta Kampanye Capres-Cawapres, Jokowi Hujan-hujanan hingga Prabowo Kena Flu

Jokowi lalu mengatakan bahwa pada 2014 dirinya hanya meraup 55 persen suara. Dia lalu mengatakan, saat itu dia belum memiliki keluarga di Sumut.

Saat ini, Jokowi mengatakan, dia sudah memiliki keluarga di Sumut yaitu menantunya Bobby Nasution. Dia lalu memanggil Bobby naik ke panggung. Seketika massa berteriak memanggil namanya.

"Awas kalau tidak nambah. Sanggup minimal 65 persen? Karena banyak kabupaten yang sudah saya hitung, ada yang menyanggupi dapat 80 sampai 95 persen. Bisa?" kata Jokowi sambil memegang pundak menantunya itu sambil tersenyum.

Bobby mengangguk kemudian turun panggung.

Setelah dari Medan, pada Sabtu (6/4/2019) Jokowi dan rombongan akan melanjutkan perjalanan menuju Kabupaten Asahan. Saat berjalan menuju pintu keluar, semua orang sibuk berdesak-desakan untuk menyalaminya, meminta swafoto, berebut mengabadikan momen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com