Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fakta Kampanye Jokowi di Makassar, Banggakan Pembangunan Infrastruktur hingga Sumringah Naik Becak Bareng Istri

Kompas.com - 01/04/2019, 12:04 WIB
Michael Hangga Wismabrata,
David Oliver Purba

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Saat kampenye di Lapangan Karebosi, Makassar, Minggu (31/3/2019), calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo (Jokowi) menjelaskan keberhasilan pemerintah dalam pembangunan infrastruktur di Makassar.

Jokowi juga menyinggung tentang pembangunan Pelabuhan Makassar New Port yang terbesar di wilayah Indonesia Timur.

Selain itu, Jokowi dan rombongan memilih naik becak menuju ke lokasi kampanye. Para peserta kampanye pun tak menyia-nyiakan kesempatan itu untuk bersalaman dan menyapa Jokowi.

Berikut ini fakta lengkapnya:

1. Jokowi naik becak bersama rombongan ke lokasi kampanye

Calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo melakukan kampanye terbuka di Makassar, Sulawesi Selatan, Minggu (31/3/2019). KOMPAS.com/ IHSANUDDIN Calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo melakukan kampanye terbuka di Makassar, Sulawesi Selatan, Minggu (31/3/2019).

Jokowi bersama istrinya, Iriana Jokowi, naik becak mulai dari Jalan Jenderal Sudirman, Kecamatan Ujung Pandang, Makassar, tepatnya di depan rumah jabatan Gubernur Sulawesi Selatan. Jokowi berangkat sekitar pukul 09.00 WITA.

Selain didampingi Iriana, Jokowi juga didampingi Ketua Dewan Pengarah Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma'ruf Amin, Jusuf Kalla dan istrinya. Mufidah Kalla, yang menaiki becak yang berbeda.

Tampak juga Ketua TKN Erick Tohir menumpang becak bersama massa pendukung yang hadir berjalan kaki mengiringi Jokowi dan rombongan.

Senyum dari wajah Jokowi tak pernah berhenti terpancarkan. Ada sekitar 18 becak yang menemani Jokowi berangkat di lokasi kampanye.

Wajah Jokowi terus sumringah saat di sepanjang perjalanan nama Jokowi dielu-elukan oleh para pendukungnya. Bahkan ada beberapa yang mencoba mendekatinya.

Kurang lebih 30 menit, Jokowi dan rombongan tiba di Lapangan Karebosi dan disambut sorak sorai para pendukungnya.

Baca juga: Wajah Sumringah Jokowi Saat Naik Becak Bersama Ibu Iriana...

2. Jokowi pamerkan keberhasilan pemerintah bangun infrastruktur

Presiden Joko Widodo saat meresmikan PLTB Sidrap di Sulawesi Selatan, Senin (2/7/2018).-KOMPAS.com/AKHDI MARTIN PRATAMA Presiden Joko Widodo saat meresmikan PLTB Sidrap di Sulawesi Selatan, Senin (2/7/2018).

Dalam kesempatan itu, Jokowi menyampaikan keberhasilan pembangunan infrastruktur yang telah dilakukan pemerintah. 

"Saya tadi bisik-bisik dengan Pak JK (Jusuf Kalla), bahwa di Makassar ini, di Sulsel ini telah kita mulai dibangun jalur kereta api. Dari Makassar ke Parepare, betul?" kata Jokowi.

Seperti diketahui, JK hadir dalam kapasitasnya sebagai Ketua Dewan Pengarah Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf. JK juga adalah putra daerah Makassar.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com