Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warga Tangkap Buaya 4 Meter di Perairan Randangan Pohuwato

Kompas.com - 30/03/2019, 17:40 WIB
Rosyid A Azhar ,
Farid Assifa

Tim Redaksi

GORONTALO, KOMPAS.com – Warga di perairan Randangan, Kabupaten Pohuwato, Sulawesi Utara menangkap seekor buaya sepanjang 4 meter.

Buaya muara ini ditangkap oleh Weni bersama anak dan keponakannya, nelayan warga Desa Mootilango, Kecamatan Duhiadaa.

Menurut Weni, pada Jumat (29/3/2019) pukul 17.00 Wita, ia melaut dari Sungai Mootilango menuju perairan Randangan untuk mencari ikan, pada pukul 24.00 Wita beberapa nelayan yang tengah melaut melaporkan ke Weni tentang keberadaan buaya besar yang terlihat mengapung di laut.

Mendengar keluhan nelayan ini, Weni bersama anak dan keponakannya langsung menuju lokasi yang yang diperkirakan adanya buaya tersebut.

Baca juga: Buaya yang Ditangkap Dekat Ambon Plaza Dikembalikan ke Habitatnya

Dengan hati-hati Weni berhasil menangkap buaya tersebut dan langsung diseret ke rumahnya di Mootilango pukul 02.00 Wita.

“Pak Weni dikenal sebagai pawang buaya, ia sudah beberapa kali menangkap buaya,” ujar Nurain Lapolo, warga Pohuwato, Sabtu (30/3/2019).

Kabar keberhasilan Weni menangkap buaya ini sampai aparat kepolisian. Kapolres pun datang ke rumah Weni untuk melihat buaya besar tangkapannya, dan mengamankan buaya ini ke Mapolres Pohuwato.

Baca juga: Seorang PNS di Konawe Diseret Buaya hingga Tenggelam Saat Memancing

Secara terpisah, Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam Wilayah II Gorontalo, Sjamsuddin Hadju mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan lokasi untuk penampungan sementara.

“Buaya sudah dalam perjalanan ke kantor kami, kami sudah mempersiapkan lokasi,” kata Sjamsuddin Hadju.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com