Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kebakaran Lahan Milik Pertamina RU II Dumai Mengeluarkan Asap yang Sangat Parah

Kompas.com - 29/03/2019, 14:49 WIB
Idon Tanjung,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi

PEKANBARU, KOMPAS.com - Kebakaran hutan dan lahan milik PT Pertamina Refinery Unit (RU) II di Kelurahan Bukit Datuk, Kecamatan Dumai Selatan, Kota Dumai, Riau, mengeluarkan asap yang sangat parah, Jumat (29/3/2019).

Pantauan Kompas.com, tim gabungan dari Manggala Agni, kepolisian jajaran Polres Dumai dan TNI terlihat sedang berjibaku memadamkan api di tengah kepulan asap.

Kepulan asap putih terus keluar dari lahan gambut yang terbakar. Asap ditiup angin terlihat mengarah ke pusat Kota Dumai.

Baca juga: Warga Khawatir Kabut Asap Tebal Kebakaran Hutan Selimuti Kota Dumai

Di lokasi kebakaran, terdapat semak belukar dan sebagian kebun sawit yang sudah terlihat berbuah. Seluruhnya tanah gambut dengan kedalaman sekitar dua meter.

"Asap cukup parah karena gambutnya dalam. Jadi, api sekarang ada di dalam gambut," ujar Komandan Regu (Danru) I Manggala Agni Daops Dumai, Rahmat, saat diwawancarai Kompas.com, di sela pemadamam.

Dia mengatakan, pemadamam api di lahan milik Pertamina RU II sudah berlangsung dua hari. Luas lahan yang terbakar mencapai tiga hektare.

Baca juga: Kebakaran Hutan dan Lahan di Dumai Semakin Parah, Api Sulit Dipadamkan

Sementara, upaya pemadaman dilakukan dengan menggunakan tiga unit mesin pompa air.

Rahmat menyebutkan, kebakaran lahan meluas ke arah kompleks perumahan Pertamina RU II. Titik api saat ini berjarak sekitar dua kilometer dari kompleks.

"Kami berupaya menyekat kepala api agar tidak meluas ke kompleks perumahan Pertamina," sebut Rahmat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com