Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

RSUD Kudus Sediakan Ruangan Ber-AC Untuk Caleg Gagal yang Stres

Kompas.com - 22/03/2019, 16:35 WIB
Puthut Dwi Putranto Nugroho,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

KUDUS, KOMPAS.com - Rumah Sakit Umum Daerah dr Loekmono Hadi Kudus, Jawa Tengah, menyediakan bangsal khusus bagi calon legislatif yang alami tekanan jiwa akibat gagal dalam pertarungan politik di Pemilu 2019.

Sebagai langkah antisipasi fenomena pascapencalonan itu telah dipersiapkan puluhan ranjang pesakitan berikut ruangan berfasilitas mesin penyejuk udara atau Air Conditioner (AC).

Kabid Pelayanan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Loekmono Hadi Kudus, Aris Jukisno menyampaikan, ruang inap spesial untuk para caleg stress berlokasi di Ruang Cempaka 1.

Dalam praktiknya nanti akan disiagakan beberapa dokter spesialis kejiwaan dan17 tenaga paramedis untuk penanganan pasien dengan gangguan jiwa tersebut.?

Baca juga: RSUD Cut Meutia Aceh Utara Siapkan Dokter Saraf dan Psikolog untuk Caleg Gagal

"Kami telah siapkan ruangan khusus untuk caleg yang terkena gangguan jiwa akibat impiannya pupus dalam pencalonan. Ada ruangan ber AC, ada kelas 1, 2 dan 3," kata Aris saat ditemui di kantornya, Jumat (22/3/2019).

Di ruangan terpilih itu, RSUD dr Loekmono Hadi Kudus memfasilitasi 38 unit tempat tidur. Meski demikian tak menutup kemungkinan sarana akan ditambah jika jumlah pasien membludak (overload).

"Apabila jumlah pasien banyak, kami masih bisa sediakan 45 tempat tidur," terangnya.

Dalam teknis awal pelayanan para pasien caleg yang dinyatakan gagal tersebut, tim medis RSUD dr Loekmono Hadi Kudus akan mengidentifikasi terlebih dulu kondisi psikisnya. 

Baca juga: Miliki Fasilitas Penyakit Jantung, RS Soekarno Bangka Siap Tampung Caleg Gagal Pemilu

Metode perawatan para pasien tersebut berbeda-beda tergantung hasil observasi tingkat kejiwaan masing-masing.

"Ruang cempaka 1? untuk pasien kejiwaan jenis psikosa, seperti sudah mulai bicara sendiri, sudah makan atau mandi tetapi tidak mengakui dan susah tidur. Untuk di level lain, kami rawat di ruang edelweis dan anggrek," ungkapnya.

Salah satu dokter kejiwaan RSUD dr Loekmono Hadi, Dr Syarifah Rose, mengatakan, selama ini RSUD dr Loekmono Kudus merupakan rujukan regional untuk pasien jiwa mulai dari wilayah Grobogan, Jepara, Rembang,  Blora, Demak dan lain-lain. 

"Saat ini ada 38 pasien jiwa untuk umum. Sementara belum ada caleg yang dirawat, hanya sebatas pemeriksaan kejiwaan untuk syarat pencalonan," pungkasnya.

Baca juga: RSJ Ratumbuysang Manado Siap Tampung Caleg Stres

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com