KPU Gresik Coret Nama WNA yang Masuk DPT

Kompas.com - 14/03/2019, 21:00 WIB
Ilustrasi pemilu.Shutterstock Ilustrasi pemilu.

GRESIK, KOMPAS.com – Kejadian warga negara asing ( WNA) masuk dalam daftar pemilih tetap (DPT) juga terjadi di Gresik, Jawa Timur. Dengan ada satu nama WNA yang sempat masuk dalam DPT, sudah dicoret oleh Komisi Pemilihan Umum ( KPU) Gresik.

“Ada satu WNA yang sempat masuk DPT, dan sudah kita verifikasi (faktual), selanjutnya kita coret dari DPT,” tutur Ketua KPU Gresik Akhmad Roni, saat dihubungi Kompas.com, Kamis (14/3/2019).

Menurut penuturan Roni, WNA tersebut berkebangsaan Pakistan dan sempat menetap di Gresik sebelumnya, lantaran beristri warga setempat. Namun kini, WNA yang diketahui bernama Ahmad Zaheer tersebut sudah kembali ke Negara asalnya.

“Namanya Ahmad Zaheer, kelahiran Peshawar, Pakistan. Dia beristri orang sini (Gresik), tapi sekarang orangnya sudah balik ke Pakistan,” ujar dia.

Baca juga: KPU Denpasar Coret 14 WNA dari DPT

Hal tersebut juga dibenarkan oleh salah seorang komisioner KPU Gresik, Abdullah Sidiq. Dengan ia menyebut, WNA bernama Ahmad Zaheer asal Pakistan tersebut sudah lama kembali ke negara asalnya.

“Yang jelas, WNA tersebut warga Negara Pakistan dan menikah dengan orang Gresik di Kelurahan Kebungson. Yang bersangkutan sudah lama kembali ke Negara asalnya dan dipastikan juga by name, (dipastikan) yang di DPT sudah dicoret,” ucap Sidiq.

Sidiq juga menjelaskan, penemuan WNA dalam DPT juga berdasarkan verifikasi faktual yang dilakukan oleh pihaknya, dalam rangka memastikan kebenaran data-data pemilih di Gresik, sebelum menyalurkan hak suara pada Pemilu 2019 mendatang.

“Penyisiran KPU sendiri,” kata dia.

Baca juga: Masuk Dalam Daftar Pemilih Tetap di NTT, 2 WNA Dicoret

Sementara itu, KPU Gresik mencatat sebanyak 927.045 pemilih masuk dalam DPT pada Pemilu 2019 ini.

Dengan sebanyak 465.833 pemilih berjenis kelamin laki-laki, sementara sisanya merupakan perempuan.

KPU Gresik juga bakal menyiapkan sebanyak 3.654 Tempat Pemungutan Suara (TPS), yang akan tersebar di 18 Kecamatan.



Close Ads X