November 2019, Serang-Rangkasbitung Terhubung Jalan Tol

Kompas.com - 02/03/2019, 18:32 WIB
Penampakan Jalan tol Serang - Panimbang di KM 1, Kecamatan Walantaka, Kota Serang, Sabtu (2/3/2019). Seksi satu sepanjang 26,5 kilometer ditargetkan rampung November 2019 mendatang. KOMPAS.com/ACEP NAZMUDINPenampakan Jalan tol Serang - Panimbang di KM 1, Kecamatan Walantaka, Kota Serang, Sabtu (2/3/2019). Seksi satu sepanjang 26,5 kilometer ditargetkan rampung November 2019 mendatang.

SERANG, KOMPAS.com - Jalan Tol Serang-Panimbang ruas Serang-Rangkasbitung sudah memasuki tahap konstruksi.

Ditargetkan, tol pertama yang jadi penghubung ke Banten Selatan tersebut rampung pada November 2019 mendatang.

Pengerjaan proyek tol Serang-Panimbang sepanjang 83,7 kilometer terbagi dalam tiga seksi, yakni Serang-Rangkasbitung, Rangkasbitung-Cileles dan Cileles-Panimbang.

Baca juga: Proyek Tol Serang-Panimbang Aman dari Tsunami


Dari ketiga seksi tersebut, yang lebih dahulu dirampungkan adalah seksi Serang-Rangkasbitung sepanjang 26,5 kilometer.

"Pengerjaan konstruksi sudah dilakukan, saat ini lima kilometer pertama sudah dilakukan pengerasan rigid pavement, sisanya pengerjaan timbunan, pemancangan dan land clearing," kata kata Manager Bidang Human Capital dan Umum, PT Wika Serang Panimbang, Bambang Yogaswara, kepada wartawan di Serang, Sabtu (2/3/2019).

Baca juga: Mulai 2019, Tol Serang-Panimbang Dibuka Bertahap

Secara keseluruhan, kata dia, progres tol Serang Panimbang seksi satu ini sudah mencapai 27,9 persen.

"Target selesai November 2019, nanti ada uji kelayakan dua atau tiga bulan, jadi awal 2020 sudah bisa dilalui oleh masyarakat," kata dia.

Sementara untuk seksi dua dan tiga, saat ini pembangunan belum dimulai, lantaran di sejumlah titik masih harus dilakukan pembebasan lahan.

"Maret ini selesai (pembebasan lahan) target kami bulan Mei sudah bisa dimulai konstruksi untuk seksi dua," kata Bambang.

Baca juga: Proyek Tol Serang-Panimbang, BNI dan Mandiri Kucurkan Rp 894 Miliar ke Wika

Dalam pembangunan proyek tol ini, PT Wika Serang Panimbang kebagian mengerjakan ruas seksi satu dan dua sepanjang kurang lebih 50 kilometer mulai dari KM 0 Serang hingga Cileles, sementara seksi tiga sepanjang 30 kilometer hingga Panimbang, dikerjakan oleh pemerintah.

Jalan Tol Serang-Panimbang dibangun untuk menghubungkan antara Serang dengan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata Tanjung Lesung.

Mulai dibangun Februari 2017, jalan tol ini melintasi satu kota dan tiga kabupaten di Provinsi Banten yakni Kota Serang, Kabupaten Serang, Kabupaten Lebak dan Kabupaten Pandeglang.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X