Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jateng "On The Spot", Cara Pemerintah Promosikan Potensi Wisata di Solo

Kompas.com - 26/02/2019, 16:29 WIB
Labib Zamani,
David Oliver Purba

Tim Redaksi

SOLO, KOMPAS.com - Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Pemerintah Provinsi Jawa Tengah menyelenggarakan Jateng On The Spot atau "Wisata Pengenalan Pariwisata Jawa Tengah Tahun 2019" di Solo dan sekitarnya.

Kegiatan yang berlangsung tiga hari yang dimulai Selasa (26/2/2019) hingga Kamis (28/2/2019) itu melibatkan pelaku wisata meliputi ASITA dan ASPPI Provinsi Jawa Timur (Jatim) serta pegiat media sosial. 

Kepala Seksi Pengembangan Pasar Disporapar Provinsi Jateng, Tanti Apriani mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan tingkat kunjungan wisatawan ke wilayah Jateng. Khususnya di Karanganyar, Solo dan Sragen.

"Kita mengajak ASITA dan ASPPI Jatim untuk membuat penawaran paket wisata di Solo, Karanganyar dan Sragen. Sehingga bisa mereka promosikan di tempat mereka," kata dia, Selasa.

Baca juga: Event MotoGP 2021 Akan Pulihkan Pariwisata Lombok

Tanti mengatakan, Ada tiga lokasi Jateng On The Spot, yaitu Karanganyar, Solo dan Sragen.

Tanti mengatakan, tiga kawasan pariwisata di Solo dan sekitarnya sangat strategis untuk menarik wisatawan dari Jatim karena juga memiliki akses jalan tol Trans Jawa. Sehingga wisatawan dari arah Jatim hanya membutuhkan waktu 2,5 jam perjalanan menuju kawasan wisata di Solo dan sekitarnya.

"Kenapa kita bidik Solo Raya, karena aksesibilitas jalan tol Trans Jawa itu pintunya dari Solo. Teman-teman dari Jawa Timur otomatis masuk ke Jawa Tengah hanya membutuhkan waktu 2,5 jam untuk masuk ke Solo," jelas dia.

Diharapkan tiga kawasan pariwisata di Solo dan sekitarnya ini menjadi satu tujuan wisata sehingga mampu mendongkrak jumlah wisatawan di Jateng.

"Kita bidik Solo, karena untuk membuka ruang semua potensi yang ada di Solo. Hampir potensi wisata di Solo berada di satu kawasan strategis. Karanganyar satu kawasan sendiri, Solo satu kawasan sendiri dan Sangiran Sragen kawasan sendiri. Sehingga kita link-kan secara terpadu dan bersama agar satu rangkaian paket wisata yang menjual dan mendongkrak potensi wisata yang ada di wilayah Solo Raya yang masuk ke KSPP-nya Jateng," tambah dia.

Baca juga: Pemkab Bondowoso Siapkan Perda Pembangunan Pariwisata Berkelanjutan

Perwakilan travel agent dari Paradiso Jatim, Kuncoro menilai Jateng On The Spot merupakan salah satu media untuk mengenalkan destinasi wisata di Jateng, khususnya di wilayah Solo dan sekitarnya.

Pihaknya mengaku jika selama ini mengarahkan para wisatawan ke Yogyakarta.

"Saya pikir ini sangat positif sekali untuk mengembangkan potensi yang ada di Solo Raya dan industri pariwisata akan bergerak kalau dari Disporapar atau pihak terkait di Jateng mempromosikan ke travel agent," ungkap Kuncoro.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com