Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selama Sepekan Banjir Rendam Sekolah di OKI, Sejumlah Siswa Diliburkan

Kompas.com - 25/02/2019, 14:25 WIB
Amriza Nursatria,
David Oliver Purba

Tim Redaksi

KAYUAGUNG, KOMPAS.com - Banjir merendam Sekolah Dasar Negeri (SDN) 1 Betijaya Kecamatan Sirah Pulau Padang, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Sumatera Selatan, Senin (25/2/2019).

Hal itu mengakibatkan siswa kelas 1 dan 2 harus diliburkan. Sementara proses belajar siswa kelas 5 dipindahkan ke ruang perpustakaan.  

"Banjir ini terjadi setiap tahun, banjir kali ini merendam enam kelas dan satu kantor guru dan kepala sekolah. Untuk mengatasi agar siswa tetap sekolah kegiatan belajar, sebagaian kami pindahkan ke ruang perpustakaan," ujar Kepala SDN 1 Bety Utami saat ditemui di lokasi, Senin.

Pantauan di lokasi, banjir merendam sekolah tersebut dengan kedalaman antara 40-60 sentimter. Banjir merendam hampir seluruh halaman sekolah hingga masuk ke dalam ruang belajar.

Baca juga: Kabut Asap Kian Parah, 13 Sekolah di Rupat Akhirnya Diliburkan

Ada enam kelas dari sembilan ruang belajar yang terendam banjir. Namun, kelas yang tidak bisa digunakan untuk belajar hanya lima kelas. Selain itu ruang guru dan ruang kepala sekolah juga turut terendam banjir.

Akibat sekolah terendam banjir, kegiatan belajar mengajar jadi terganggu. Untuk mengatasinya sebagian siswa dari kelas 3 hingga kelas 6 yang kelasnya terendam terpaksa bergabung ke kelas yang tidak banjir. Sebagian siswa lain belajar di ruang perpustaakan secara bergiliran.

Bety mengatakan, banjir telah merendam sekolah tersebut selama sepekan. Banjir berasal dari luapan rawa di belakang sekolah mereka karena curah hujan yang tinggi.

Baca juga: Sekolah Dasar di Bengkalis Diliburkan akibat Kabut Asap Karhutla

Bety berharap pihak berwenang segera memberikan solusi guna mengatasi banjir yang setiap tahun melanda sekolah tersebut.

"Kami berharap agar pihak berwenang dapat mencarikan solusi agar banjir tak terjadi lagi setiap tahun,” katanya 

Selain sekolah, banjir juga merendam dua desa di Kabupaten OKI.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com