Sekolah Dasar di Bengkalis Diliburkan akibat Kabut Asap Karhutla

Kompas.com - 25/02/2019, 10:05 WIB
Seorang murid sekolah dasar mengayuh sepeda ditengah kabut asap karhutla di Kelurahan Terkul, Kecamatan Rupat, Kabupaten Bengkalis, Riau, Senin (25/2/2019). KOMPAS.com/IDON TANJUNGSeorang murid sekolah dasar mengayuh sepeda ditengah kabut asap karhutla di Kelurahan Terkul, Kecamatan Rupat, Kabupaten Bengkalis, Riau, Senin (25/2/2019).

PEKANBARU, KOMPAS.com — Sekolah Dasar (SD) Negeri 29 di Jalan Kampung Baru, Kelurahan Terkul, Kecamatan Rupat, Kabupaten Bengkalis, Riau, terpaksa diliburkan akibat kabut asap kebakaran hutan dan lahan ( karhutla), Senin (25/2/2019). Pagi ini kabut asap sudah sangat parah.

"Anak-anak kami liburkan karena kabut asap pagi ini sangat parah. Tadi diumumkan ke murid dan mereka langsung pulang. Kami juga tidak melaksanakan upacara bendera," ungkap Kepala SD Negeri 29 Samsukri saat diwawancarai Kompas.com, Senin.

Dia mengatakan, sekolah diliburkan sudah mendapat persetujuan dari pihak koordinator wilayah (korwil) Kecamatan Rupat, Dinas Pendidikan Bengkalis.

"Saya sudah koordinasi dengan korwil Pak Rais. Beliau menyetujui murid diliburkan karena di sekolah kami paling parah kabut asap. Apalagi, jarak kebakaran lahan dari sekolah kami sekitar satu kilometer," kata Samsukri.

Baca juga: Satu Kompi Pasukan Kostrad Diturunkan untuk Tangani Karhutla Bengkalis

Dia mengatakan, belum dipastikan sampai kapan siswa akan diliburkan.

"Tergantung kondisi kabut asap. Kalau besok sudah berkurang, kami kembali sekolah. Tapi kalau masih parah, tetap diliburkan," kata Samsukri.

Dia mengatakan, kondisi kabut asap sudah berlangsung lebih kurang sepekan.

"Hari ini paling parah. Sebelumnya tidak. Jadi kalau sudah parah seperti ini, kami khawatirkan juga kesehatan murid. Jadi terpaksa kami liburkan," kata Samsukri.

Meski demikian, menurut dia, anak-anak juga diharapkan untuk tetap belajar di rumah.

"Harapan kami anak-anak tetap belajar di rumah. Jangan keluyuran. Harus kurangi aktivitas di luar rumah," ucapnya.

Baca juga: Minggu Pagi, Kabut Asap di Bengkalis Tebal, Jarak Pandang 200 Meter

Sebagaimana diketahui, karhutla di Kecamatan Rupat, Bengkalis, makin parah. Hingga saat ini, luas lahan yang terbakar ribuan hektar.

Titik api yang mengeluarkan asap terdapat di Kelurahan Terkul, Kelurahan Pergam, Desa Sri Tanjung, Desa Teluk Lecah, dan Desa Kebumen.

Dampak karhutla mengakibatkan kabut asap yang sangat tebal di permukiman warga.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X