Siswa yang Merokok di Kelas dan Tantang Gurunya Menangis Minta Maaf

Kompas.com - 11/02/2019, 05:00 WIB
Nur Khalim (kiri) dan AA, siswa yang merokok di dalam kelas dan menantangnya hingga videonya viral di media sosial sepakat berdamai dalam mediasi di kantor Polsek Wringinanom, Kabupaten Gresik, Jawa Timur, Minggu (10/2/2019). KOMPAS.com/HAMZAH ARFAH Nur Khalim (kiri) dan AA, siswa yang merokok di dalam kelas dan menantangnya hingga videonya viral di media sosial sepakat berdamai dalam mediasi di kantor Polsek Wringinanom, Kabupaten Gresik, Jawa Timur, Minggu (10/2/2019).

GRESIK, KOMPAS.com — Mediasi berujung damai telah disepakati oleh guru SMP PGRI Wringinanom Nur Khalim dan siswanya AA (15), Minggu (10/2/2019).

Sebelum kedua belah pihak menandatangani surat damai, AA diminta untuk membacakan terlebih dahulu surat pernyataan di depan para saksi dan awak media di Kantor Polsek Wringinanom, Gresik.

Baca juga: Inspirasi dari Nur Khalim, Guru Bergaji Rp 450.000 yang Diejek dan Ditantang oleh Siswanya di Kelas

AA yang membacakan surat pernyataan tersebut berjanji tidak akan mengulangi perbuatan yang telah mencoreng institusi pendidikan itu. Selepas membaca surat tersebut, AA terlihat meneteskan air mata.

"Dengan ini saya meminta maaf. Sekali lagi meminta maaf atas perbuatan yang saya lakukan terhadap guru saya Bapak Nur Khalim yang terjadi pada 2 Februari 2019 sekitar pukul 08.00 WIB di dalam kelas saat jam pelajaran dan itu menyebar di media sosial," kata AA, saat mengawali pembacaan surat pernyataan.

Baca juga: Video Ditantang Siswa yang Merokok di Kelas Viral, Ini Respons Pak Guru Nur Khalim

"Saya menyesal dan tahu kalau itu salah. Dengan kesadaran saya berjanji, demi Allah saya tidak akan mengulangi perbuatan itu lagi," lanjutnya.

Mediasi yang dilakukan untuk mendamaikan Nur Khalim dan AA di Mapolsek Wringinanom, Minggu (10/2/2019).KOMPAS.com/HAMZAH ARFAH Mediasi yang dilakukan untuk mendamaikan Nur Khalim dan AA di Mapolsek Wringinanom, Minggu (10/2/2019).

Dengan berbesar hati, Nur Khalim ikut mendampingi AA dalam membaca surat tersebut, menandatangani surat, dan kemudian menerima permintaan maaf dari AA yang saat itu menitikkan air mata.

Nur Khalim sendiri mengaku ikhlas dengan kejadian yang menimpanya. Menurut dia, hal itu merupakan salah satu risiko menjadi seorang tenaga pendidik.

Baca juga: Begini Kronologi Siswa Merokok dan Tantang Gurunya di Kelas

"Saya sendiri sudah memaafkan perbuatan dia. Bagaimanapun dia anak didik saya, dan saya harus profesional dengan profesi saya sebagai tenaga pendidik. Saya yakin, pasti ada hikmah dari semua kejadian ini," tutur Nur Khalim.

Sebelumnya sempat beredar di berbagai media sosial, video saat AA merokok di dalam kelas dan menantang Nur Khalim berkelahi dengan memegang kerah baju gurunya itu. 

AA kesal karena sebelumnya Nur Khalim menegurnya. AA ditegur karena bolos sekolah.



Close Ads X