Video Ditantang Siswa yang Merokok di Kelas Viral, Ini Respons Pak Guru Nur Khalim

Kompas.com - 10/02/2019, 19:37 WIB
Nur Khalim (kiri) dan AA, siswa yang merokok di dalam kelas dan menantangnya hingga videonya viral di media sosial sepakat berdamai dalam mediasi di kantor Polsek Wringinanom, Kabupaten Gresik, Jawa Timur, Minggu (10/2/2019). KOMPAS.com/HAMZAH ARFAH Nur Khalim (kiri) dan AA, siswa yang merokok di dalam kelas dan menantangnya hingga videonya viral di media sosial sepakat berdamai dalam mediasi di kantor Polsek Wringinanom, Kabupaten Gresik, Jawa Timur, Minggu (10/2/2019).

GRESIK, KOMPAS.com — Nur Khalim (30), guru SMP PGRI Wringinanom, yang sempat viral di media sosial (medsos) lantaran video dirinya tengah ditantang oleh anak didiknya, AA, yang juga merokok di dalam kelas mengatakan, orangtua AA sudah datang meminta maaf.

Selain orangtua AA, Nur Khalim mengatakan, Kepala SMP PGRI Wringinanom dan wali kelas AA juga meminta maaf atas kejadian tidak pantas yang telah dilakukan oleh AA.

“Pada Rabu (6/2/2019) malam, wali kelasnya sudah SMS (pesan singkat), 'Saya minta maaf atas kejadian yang dilakukan oleh anak didik saya'. Dan Kamis (7/2/2019) pagi, wali kelasnya baru laporan kepada kepala sekolah," ujar Nur Khalim memberikan penjelasan di kantor Polsek Wringinanom, Kabupaten Gresik, Jawa Timur, Minggu (10/2/2019)

"Baru kemudian dia (AA) dipanggil oleh kepala sekolah, dan saya kemudian diberi tahu jika AA akan minta maaf secara langsung,” tambahnya.


Baca juga: Viral Video Siswa Merokok di Kelas dan Menantang Guru, Keduanya Sepakat Berdamai

Nur Khalim mengatakan, pada saat itu dirinya memang tengah tidak berada di sekolah lantaran tengah memberikan les privat pelajaran di tempat lain. Barulah pada Kamis (7/2/2019) siang dia kembali ke SMP PGRI Wringinanom untuk menemui kepala sekolah.

“Baru siangnya Bapak Kepala Sekolah menemui saya dan dia bertanya kejadian sebenarnya. Jumat (8/2/2019) sebenarnya sudah berembuk semua, baik sama orangtua maupun kepala sekolah juga mengenai kejadian itu, terus orangtuanya minta maaf,” tuturnya.

Hanya saja Nur Khalim dan pihak sekolah kemudian tidak tahu-menahu, video AA yang tengah merokok dalam kelas dan sempat menantang Nur Khalim itu kemudian menjadi viral di medsos pada Sabtu (9/2/2019).

“Saya juga enggak tahu kalau ada video yang beredar tentang kejadian itu. Sebab, saya sendiri sudah memaafkan semuanya. Karena sebagai guru, saya ingin profesional dalam menjalankan tugas saya sebagai tenaga pengajar, itu saja,” kata dia.

Baca juga: Ini 2 Alasan Guru Rela Berdamai dengan Siswa yang Merokok dan Menantangnya di Kelas

Nur Khalim mengakui, sehari-hari AA memang berbeda dengan para siswa kelas IX yang menuntut ilmu di SMP PGRI Wringinanom. Begitu pula dengan perlakuan yang didapat Nur Khalim dari AA pada saat jam belajar-mengajar.

“Anak memang suka ngerjain saya, kadang juga enggak nggarap PR meski itu juga kadang saya biarkan asalkan dia tidak mengganggu proses belajar-mengajar siswa yang lain. Kadang juga sering ngumpat,” tutur Nur Khalim.

Sementara itu, kedua orangtua AA, Slamet Ariyanto (40) dan Anik (38), menyatakan permintaan maaf yang mendalam atas tingkah anaknya yang kurang pantas dan telah mencoreng institusi pendidikan, dan sempat menjadi viral di medsos.

Kejadian ini bakal dijadikan pelajaran berharga untuk lebih mendidik anaknya menjadi lebih baik dan santun.



Terkini Lainnya


Close Ads X