Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lagi, Warga di Maluku Tewas Dimangsa Buaya

Kompas.com - 07/02/2019, 19:58 WIB
Rahmat Rahman Patty,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi


AMBON, KOMPAS.com - Seorang warga Desa Atabul Dol, Kecamatan Wertamrian, Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Maluku, Malik Batalata (38), tewas setelah dimangsa buaya saat sedang mencari ikan di pantai desa tersebut, Kamis (7/2/2019).

Kepala Desa Atabul Dol, Kasianus Ngoranmele mengatakan, korban bersama dua rekannya yakni Lasarus Doryenune dan Hery Tubultenan keluar dari rumah sejak Rabu (6/2/2019) pukul 22.30 WIT, dengan mengunakan perahu ketintin untuk mencari ikan.

“Mereka tiba di pesisir pantai sekitar perkebunan kelapa sekira pukul 00.30 WIT Kamis dini hari. Saat itu, mereka langsung membuang jangkar,” ujar Kasianus, kepada wartawan.

Menurut Kasianus, saat itu korban bersama kedua rekan korban langsung mencari ikan dengan cara memanah.

Baca juga: Tubuh Petani Ini Ditemukan di Muara Sungai, Diduga Dimangsa Buaya

 

Sekitar satu jam mencari ikan, korban tiba-tiba diterkam oleh seekor buaya dan langsung membawa tubuh korban menuju muara sungai Wertamrian.

“Panjang buaya itu diperkirakan lebih 2 meter. Buaya itu menggigit bahu kiri korban dan langsung membawa korban menuju sungai,” ujar dia.

Dia mengatakan, kedua rekan korban yang melihat kejadian itu langsung mengejar buaya tersebut. Keduanya kemudian mengeluarkan panah dan memanah buaya tersebut.

“Mungkin karena kesakitan buaya itu langsung membuka mulutnya dan melepaskan korban,”ujarnya.

Sayangnya, kata Kasianus, luka parah yang diderita korban membuatnya tewas di tempat. Usai kejadian itu, kedua rekan korban langsung membawa korban ke desa dan memberitahukan kejadian itu kepada warga lainnya.

Baca juga: Banjir Sekali dalam Seabad di Australia, Buaya Keluar ke Jalanan

“Mungkin karena lukanya terlalu parah, korban meninggal dunia,” sebut dia.

Terkait peristiwa itu, Kabid Humas Polda Maluku Kombes Pol Muhamad Roem Ohoirat yang dikonfirmasi Kompas.com membenarkan kejadian tersebut.

“Iya benar, korban meninggal karena di mangsa buaya. Dia sempat ditolong oleh kedua rekannya, tapi karena lukanya cukup parah, korban meninggal dunia,”kata dia. 

Tak hanya di Kepulauan Tanimbar, sebelumnya seorang petani di Desa Makariki, Kabupaten Maluku Tengah, juga dilaporkan tewas karena diduga dimangsa buaya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com