Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Petugas Kebersihan Tewas Akibat Tabrak Lari di Kulon Progo

Kompas.com - 06/02/2019, 19:34 WIB
Dani Julius Zebua,
David Oliver Purba

Tim Redaksi

KULON PROGO, KOMPAS.com - Seorang pekerja kebersihan jalan raya, Purwanto, tewas setelah menjadi korban tabrak lari pengemudi mobil Xenia berpelat nomor R 9151 CH di Jalan KRT Kertodiningrat, Dusun Karang Tengah Kidul, Desa Margosari, Pengasih. Kulon Progo, Yogyakarta, Rabu (6/2/2019).

Kastlantas Polres Kulon Progo AKP Maryanto mengatakan, saat kejadian, Purwanto sedang membersihkan jalanan bersama rekannya.

"Mobil datang melintasi jembatan dari arah barat ke timur. Posisi korban sedang menyeberang di jembatan itu," kata Maryanto saat ditemui Kompas.com di Mapolres Kulon Progo,Rabu siang.

Baca juga: Kecelakaan Bus Jatuh ke Tebing, Polisi Bakal Panggil PO Kramat Djati

Purwanto merupakan tenaga harian lepas dari tim pemeliharaan jalan raya di bawah Dinas Pekerjaan Umum Kulon Progo.

Sebelum kejadian, Purwanto bersama rekannya sedang bekerja di ruas Jalan KRT Kertodiningrat, tepatnya di sisi timur Jembatan Dayakan, Pengasih. 

Sekitar pukul 13.15 WIB, Purwanto hendak menyeberang jalan dari arah selatan menuju utara untuk menyusul rekannya yang berada di bawah jembatan.

Baca juga: Bus Jatuh ke Tebing Diduga karena Kelalaian Sopir

Tiba-tiba pengemudi Xenia yang tengah melintasi jembatan melaju kencang hingga menabrak Purwanto. Purwanto terpental ke aspal dan mengalami luka parah di kepala dan tubuhnya. 

Maryanto mengatakan, pemilik mobil tidak menghentikan kendaraannya dan berupaya kabur. Rekan korban membawa Purwanto ke rumah sakit. Namun, karena luka yang parah, nyawa Purwanto tidak tertolong. 

Baca juga: Fakta Kecelakaan Bus Bima Suci di Tol Cipularang, Diduga Jalan Licin hingga 4 Meninggal di Lokasi

Setelah menerima laporan, polisi melakukan pencarian mobil.  Di simpang tiga Kantor Pos Wates, polisi menemukan mobil Xenia dengan ciri yang sama dengan mobil yang menabrak Purwanto. Saat diperiksa, mobil tampak mengalami kerusakan di bemper seperti bekas tabrakan. 

Baca juga: Polisi Selidiki Penyebab Kecelakaan Bus Maut yang Renggut 7 Nyawa di Tol Cipularang

Pemilik mobil berinisial S mengaku telah menabrak Purwanto karena tergesa-gesa. Pelaku S kini ditahan di Mapolres Kulon Progo untuk dimempertanggungjawabkan perbuatannya.

"Dia mengakui kalau sedang tergesa-gesa mau pulang ke Desa Triharjo, Wates. Sedangkan korban kami bawa ke rumah sakit, tapi sudah tidak tertolong," kata Maryanto.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com