Atasi DBD di Jawa Barat, Uu Minta Santri Turun Tangan Lakukan 3M

Kompas.com - 06/02/2019, 13:32 WIB
Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum didampingi Wakil Bupati Garut Helmi Budiman saat membuka Diklatsar IPPNU Jabar KOMPAS.Com/ARI MAULANA KARANGWakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum didampingi Wakil Bupati Garut Helmi Budiman saat membuka Diklatsar IPPNU Jabar

GARUT, KOMPAS.com - Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum meminta para santri yang ada di Jawa Barat ikut turun tangan melakukan pencegahan penyebaran Demam Berdarah Dengue ( DBD) di Jawa Barat.

Hal ini disampaikan Uu saat diwawancara usai membuka acara Diklatsar IPPNU Jawa Barat di gedung Bela Negara, Cipanas Garut, Rabu (6/2/2019) siang.

Meski saat ini penyebaran penyakit DBD belum sampai pada status Kejadian Luar Biasa (KLB). Pemprov Jabar memberi perhatian lebih pada kasus ini.

"Kami telah melakukan penanganan kasus ini, kami telah menerima laporan dari daerah dan telah menginstruksikan agar ada penanganan segera," jelasnya.

Baca juga: Sebanyak 12 Korban Meninggal akibat Demam Berdarah di Kediri

Soal keterlibatan santri dalam penanganan DBD, Uu yang juga menjabat sebagai panglima santri Jawa Barat menyampaikan, santri, lewat Ikatan Santri Jawa Barat diminta untuk melakukan upaya pencegahan penyebaran DBD dengan melakukan gerakan 3M, yakni menutup, menguras, dan mengubur.

"Kan ada ikatan santri Jawa Barat, kami minta mereka juga bantu melakukan gerakan pencegahan bersama masyarakat," jelasnya.

Uu melihat, upaya penanganan DBD sendiri, sebenarnya sudah ada prosedur tetapnya. Apalagi, serangan penyakit DBD tidak hanya terjadi kali ini saja.

"Ini kan bukan yang pertama kali, yang harus diingat juga, sekarang musim hujan, banyak genangan air," katanya. 

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X