Batik Telor Ceplok dan Iron Man Karya Ridwan Kamil Mulai Dijual

Kompas.com - 31/01/2019, 16:09 WIB
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat mengenakan batik hasil desainnya dalam sebuah acara bersama Ibu Negara Iriana Jokowi KOMPAS.com/DENDI RAMDHANIGubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat mengenakan batik hasil desainnya dalam sebuah acara bersama Ibu Negara Iriana Jokowi


BANDUNG, KOMPAS.com - Batik karya Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil kini mulai dijual. Namun, batik tersebut hanya bisa didapat di Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Jawa Barat.

Akhir pekan lalu, aneka desain batik karya Ridwan Kamil dipamerkan dalam 'Pameran Legenda Batik Nusantara' di Bandung. Ada tiga desain yang ditampilkan, yakni desain Garuda Kujang Kencana, Iron Man, dan Telor Ceplok.

Pria yang akrab disapa Emil itu menegaskan, tak menerima profit dari hasil karyanya itu.

Baca juga: Tak Dijual Bebas, Ini Cara Dapatkan Batik “Ironman” Ridwan Kamil


"Saya tidak mendapat profit dari imajinasi saya. Tapi, kalau itu membuat orang lain lebih bahagia, daerah lebih terkenal, saya senang. Jadi, ya sudah, saya akan bikin sebanyak-banyaknya, yang nanti mendapat keuntungan rakyat saya," ujar Emil, di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kamis (31/1/2019).

Emil menuturkan, desain batiknya telah dibuat oleh perusahaan batik terkemuka seperti Batik Komar dan Batik Trusmi. Ia pun tak keberatan jika ada produsen batik yang berminat mencetak hasil desainnya.

"Iya, karena saya bikinnya Garuda Kujang Kencana di Komar, batik Iron Man itu di Trusmi Cirebon. Jadi, saya tawarkan kalau ada produsen batik mau by RK," ungkap dia.

Baca juga: Batik Ciprat Langitan, Ladang Rezeki bagi Penyandang Disabilitas Desa Simbatan

Namun, ia menyayangkan banyak produsen batik yang banyak memakai desainnya tanpa izin. Untuk itu, ia memastikan jika produk asli batik karyanya hanya bisa didapat di Dekranasda Jabar.

"Saya ini orangnya senang berimajinasi. Selama bisa berimajinasi apa saja termasuk membatik, ternyata laku. Karena saya suka kalau lelaki pakai batik teh kayak fokus, ternyata secara visual bagus. Sekarang online shop dibikin tanpa minta izin, enggak apa-apa lah," ujar Emil.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X