Helikopter Pengangkut Bantuan Diserbu Korban Longsor Gowa

Kompas.com - 24/01/2019, 22:16 WIB
Ratusan korban longsor menyerbu dan berebut bantuan logostik di Lapangan Sapaya, Kecamatan Bungaya, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan. Kamis, (24/1/2019). KOMPAS.com/ABDUL HAQRatusan korban longsor menyerbu dan berebut bantuan logostik di Lapangan Sapaya, Kecamatan Bungaya, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan. Kamis, (24/1/2019).

GOWA, KOMPAS.com - Setelah sempat dilarang terbang pasca-peringatan dari Badan Metereologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) dan Angkat Udara (AU), helikopter pengangkut bantuan logistik akhirnya mendarat di wilayah longsor yang terisolasi.

Saat mendarat, heli ini langsung diserbu oleh ratusan warga hingga membuat petugas kewalahan.

Helikoper jenis NAS-332 Super Puma, nomor registrasi H-3211 milik TNI AU tiba di Lapangan Sapaya, Kecamatan Bungaya, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, Kamis (24/1/2019) pukul 15.00 Wita.

Helikopter tersebut mengangkut 950 kilogram logistik berupa sembako dan makanan cepat saji. Saat mendarat, ratusan korban langsung menyerbu helikopter hingga membuat petugas kewalahan.

"Sedianya heli ini akan mulai beroperasi mengantar bantuan logistik pada pukul 10.00 Wita, namun ada peringatan cuaca buruk dari BMKG hingga pihak TNI AU membatalkan penerbangan. Tapi setelah cuaca dinilai membaik, maka dilakukan penerbangan pada sore hari," kata Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan Yasin Limpo, Kamis (24/1/2019).

Baca juga: Anjing Pelacak Endus 3 Jenazah Tertimbun, Korban Longsor dan Banjir Gowa Jadi 29 Orang

Jumlah pengungsi korban longsor dan banjir di Kabupaten Gowa sendiri sebanyak 3.534 orang. Ribuan pengungsi ini tersebar di 16 lokasi pengungsian. Berikut daftar dan rincian jumlah pengungsi:

1. Masjid Baiatul Jihad Tompobalang, Kecamatan Sombaopu, berjumlah 80 orang

2. Kelurahan Samata, Kecamatan Sombaopu, berjumlah 300 orang.

3. Masjid Mangngalli, Kecamatan Pallangga, berjumlah 352 orang

4. Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Pallangga, Kecamatan Pallangga, berjumlah 30 orang.

Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X