Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bawaslu Magelang Temukan Tabloid "Indonesia Barokah" Tersebar di 12 Kecamatan

Kompas.com - 24/01/2019, 10:35 WIB
Kontributor Magelang, Ika Fitriana,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

MAGELANG,KOMPAS.com - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, menemukan tabloid “Indonesia Barokah” sudah tersebar di 12 kecamatan di wilayah ini.

Temuan ini merupakan hasil pendataan Bawaslu setelah ada temuan di Kabupaten Blora dan Sukoharjo, Jawa Tengah, beberapa waktu lalu.

Ketua Bawaslu Kabupaten Magelang Habib Shaleh, menyebut sejauh ini ada sekitar 489 eksemplar tabloid yang ditemukan, yang tersebar di 161 masjid di wilayah ini.

Baca juga: Tabloid Indonesia Barokah Dikirim dari Bekasi via Kantor Pos

"Data terbaru kami ada 489 eksemplar tabloid tersebar di 161 masjid, yang berada di 12 kecamatan,” kata Habib, Kamis (24/1/2019).

Sebelumnya, tabloid itu baru ditemukan di 3 kecamatan, yakni Ngluwar, Dukun dan Sawangan. Bahkan di Desa Ngadipuro, Kecamatan Dukun, ada 3 bendel kiriman tabloid yang berisi 9 eksemplar diamankan di balai desa setempat.

“Ada 3 bendel berisi 9 eksemplar yang diamankan di Balai Desa Ngadipuro, Kecamatan Dukun,” ujar dia.

Baca juga: Bawaslu Gandeng Dewan Pers Kaji Dugaan Penghinaan di Tabloid Indonesia Barokah

Sejauh ini ada empat wilayah Paswascam yang melaporkan nihil temuan yakni Srumbung, Salam, Bandongan dan Windusari. Sedangkan untuk lima kecamatan lainnya masih proses pendataan.

Habib melanjutkan, sejauh ini pihaknya baru sebatas melakukan pendataan atau belum melakukan penyitaan sampai ada arahan lebih lanjut dari Bawaslu pusat.

Ia meminta kepada masyarakat untuk tetap tenang dan tidak perlu terpancing dengan keberadaan tabloid ini.

"Jangan sampai karena beredarnya tabloid ini memicu konflik, suasana politik semakin memanas. Mari kita tetap menjaga kondusifitas," pintanya. 

Baca juga: 6 Fakta Beredarnya Tabloid Indonesia Barokah di Ciamis, 2 Karung Terlanjur Beredar hingga Kagetkan Pimpinan Ponpes

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com