Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bawaslu: Ada Alamat Lengkap di Paket Tabloid Indonesia Barokah yang akan Dikirim

Kompas.com - 23/01/2019, 18:21 WIB
Irwan Nugraha,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi


TASIKMALAYA, KOMPAS.com - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Tasikmalaya, menemukan alamat kiriman Tabloid Indonesia Barokah ke seluruh Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) se-Kota Tasikmalaya. Alamat yang ditemukan tertera lengkap.

Selain dikirim ke DKM, ada beberapa amplop yang akan dikirimkan ke beberapa pesantren di Kota Tasikmalaya, yang juga tertulis dengan alamat lengkap.

"Kiriman amplop paket berisikan tabloid ini ke seluruh DKM yang alamatnya lengkap sudah tertulis di kiri bawah amplop. Alamatnya jelas dan lengkap di sana mulai dari nama DKM, kampung, RT, RW, kelurahan sampai kecamatannya," kata Ketua Bawaslu Kota Tasikmalaya Ijang Jamaludin, kepada wartawan, di Kantor Pos Tasikmalaya, Rabu (23/1/2019).

Baca juga: 2 Karung Tabloid Indonesia Barokah Sudah Beredar di Ciamis

Sesuai hasil penelusuran dan pengecekan Bawaslu Kota Tasikmalaya sampai Rabu siang, lanjut Ijang, diketahui sebanyak 99 paket sudah tersebar ke penerima.

Paket yang sudah terkirim itu beralamat DKM di Kecamatan Kawalu, Purbaratu, dan Cibeureum.

"Yang sudah terkirim di tiga kecamatan sebanyak 99 paket. Alamatnya sudah kita ketahui dan nanti kita akan telusuri," sebut dia.

Diberitakan sebelumnya, Bawaslu Kota Tasikmalaya menyita tabloid hoaks Pemilihan Presiden (Pilpres) bernama Indonesia Barokah sebanyak 1.434 eksemplar.

Pengamanan tabloid itu karena diduga isinya dapat memicu konflik dan membuat kegaduhan saat kampanye Pilpres di wilayah Tasikmalaya dan sekitarnya.

Baca juga: Bawaslu Kota Tasikmalaya Tahan 1.434 Tabloid Indonesia Barokah di Kantor Pos

"Kami langsung menyita tabloid ini langsung di kantor pos saat akan dikirim ke alamat tertentu. Kita dapat informasi dan langsung dicek. Semuanya berjumlah 1.434 eksemplar yang siap dikirim dan masih dibungkus rapi dalam amplop besar," kata Ketua Bawaslu Kota Tasikmalaya, Ijang Jamaludin, kepada wartawan, Rabu (23/1/2019).

Sedangkan, saat dilihat, tabloid itu mempunyai 16 halaman yang berisi berita 212, berita Hizbut Tahrir, penyebaran hoaks, termasuk membahas tabloid Obor Rakyat serta era kepemimpinan Presiden RI Joko Widodo.

Sampai sekarang, barang bukti tabloid yang disita tersebut masih diamankan di Kantor Pos Cabang Tasikmalaya oleh Bawaslu Kota Tasikmalaya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com