Amankan Logistik Pemilu, Gudang Logistik KPU Sulbar Gunakan Rak Kayu hingga Racun Serangga

Kompas.com - 14/01/2019, 09:51 WIB
Amankan dokumen pemilu, gudang logistik kpu sulbar gunakan rak kayu hingga racun serangga KOMPAS.ComAmankan dokumen pemilu, gudang logistik kpu sulbar gunakan rak kayu hingga racun serangga

MAMUJU, KOMPAS.com – KPUD Provinsi Sulawesi Barat dan rombongan melakukan inspeksi mendadak ke gudang logistik KPUD Mamuju, Sulawesi Barat, di Jalan Marta Dinata, Kelurahan Simboro, Mamuju, Senin (14/1/2019).

Ini dilakukan KPUD Sulbar untuk memastikan seluruh kondisi logistik pemilu seperti kotak suara, bilik suara, dan dokumen pemilu lainnya aman hingga pemilu dilegar 17 April 2019 mendatang.

Dari hasil inspkesi, ditemukan pengaman logistik pemilu menggunakan rak kayu hingga racun serangga.

Ketua KPUD Sulbar, Mustang, tidak ingin ruangan penyimpanan logistik dalam keadaan lembab yang dapat merusak ketahanan kotak dan bilik suara pemilu mendatang. Apalagi, saat ini sedang musim hujan.

Baca juga: Golkar Suplai Logistik Operasional Rp 100 Juta ke Kabupaten dan Kota

Petugas KPUD juga memasang anti rayap di setiap rak penyimpanan dokumen pemilu agar tetap aman hingga pemilu digelar April mendatang.

“Dari hasil pantauan kita ke gudang logistik KPUD Mamuju, kita memastikan seluruh dokumen pemilu aman. Kita memberi apresiasi positif karena tata cara penyimpanan dokumen pemilu sangat aman," kata Mustang, Senin.

Selain memantau kondisi logistik, Mustang juga memantau kondisi kesiapan anggota penjagaan di gudang logistik tersebut.

Penjagaan digudang logistik terdiri dari anggota KPU, anggota Bawaslu serta anggota kepolisian Polres Mamuju.

Gudang logistik yang berlantai dua itu mampu menampung sebanyak 6.891 kotak suara dan bilik suara, yang terbagi dalam 3.881 kotak surat dan 3.010 bilik suara.

Baca juga: Pemilu 2019, Ditjenpas Sediakan TPS Khusus Bagi Tahanan dan Narapidana

Setiap hari dijaga ketat pihak aparat gabungan. Nantinya, kotak dan bilik suara tersebut akan disebar ke 752 TPS di 11 kecamatan se-Kabupaten Mamuju.

Mustang menyatakan, pihaknya dalam waktu dekat ini selain melakukan inspeksi mendadak di KPU Mamuju.

Selain itu, pihaknya juga akan melakukan peninjauan di seluruh KPU kabupaten di Sulbar guna mastikan kondisi gudang dan logistik pemilu aman hingga pesta demokrasi digelar 17 april mendatang.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X