Ini Langkah Pertamina Bersihkan Tumpahan Minyak di Laut - Kompas.com

Ini Langkah Pertamina Bersihkan Tumpahan Minyak di Laut

Kompas.com - 12/01/2019, 16:11 WIB
 Tumpahan Minyak, Pertamina Lakukan SterilisasiKOMPAS.com/Suddin Syamsuddin Tumpahan Minyak, Pertamina Lakukan Sterilisasi

PAREPARE, KOMPAS.com - Pertamina melakukan sterilisasi untuk membersihkan tumpahan minyak di laut di wilayah Pare-pare.

Tumpahan minyak yang terjadi pada Kamis (10/1/2019), diduga berasal dari kapal tanker yang mengalami kerusakan saat mendistribusikan BBM di Dermaga Pertamina Parepare, Sulawesi Selatan.

Pembersihan dilakukan oleh tim tanggap darurat PT Pertamina Parepare. Tumpahan minyak mirip solar itu sempat menjadi rebutan warga daerah pesisir, pantai Kelurahan Lakessi dan Kelurahan Wattng Soreang, Kecamatan Soreang, Kota Parepare.

Baca juga: Warga Berebut Ceceran Minyak Berbau Solar di Laut Parepare


"Kami fokus melakukan sterilisasi dengan menurunkan 20 personel tim penanggulangan. Kami melakukan oil boom yang bertujuan untuk mengurangi rembesan minyak. Sementara, oil dispersant ramah lingkungan bertujuan untuk mengurai minyak di laut, “kata Humas Pertamina Wilayah Sulawesi Haris, Sabtu (12/01/2019)

Sementara itu, pihak Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Parepare melakukan investigasi mengenai dampak lingkungan yang akan menganggu biota laut.

DLH Kota Parepare mengambil sampel untuk diteliti dan berharap Pertamina fokus membersihkan pantai agar tak ada dampak lingkungan yang ditimbulkan dari peristiwa ini.



Close Ads X