Lagi, Longsor Menimbun Jembatan Kembar Parapat

Kompas.com - 11/01/2019, 18:51 WIB
Hamparan lumpur yang menimbun salah satu sisi jembatan kembar di Parapat, Kabupaten Simalungun. Jumat (11/1/2019) sore. KOMPAS.com/Tigor MuntheHamparan lumpur yang menimbun salah satu sisi jembatan kembar di Parapat, Kabupaten Simalungun. Jumat (11/1/2019) sore.


SIMALUNGUN, KOMPAS.com - Longsor dari Bukit Hulu Bangun Dolok kembali menimpa Jembatan Kembar di Parapat, Nagori Sibaganding, Kecamatan Girsang Sipangan Bolon, Kabupaten Simalungun, Jumat (11/1/2019).

Satu jembatan tertimbun material lumpur setinggi pinggang orang dewasa. Satunya lagi yang dekat ke bibir jurang, masih bisa digunakan untuk jalur lalu lintas.

Camat Parapat, Boas Damanik mengatakan, longsor susulan itu terjadi sekitar pukul 14.30 WIB. Meski begitu, jembatan sebelah kiri jika dari arah Parapat menuju Pematangsiantar masih tetap bisa dilalui.

Baca juga: Tak Hanya Logistik, Donasi Korban Longsor di Sukabumi Sebaiknya Juga Uang

"Arus lalu lintas masih berjalan, meski sistem buka tutup," kata Boas.

Dia mengatakan, belum ada upaya pembersihan material lumpur karena petugas kebetulan sedang berlibur. Hanya saja, peralatan tetap standby.

Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Simalungun, AKP Hendri Barus mengatakan, longsor terjadi di lokasi yang sama seperti beberapa waktu lalu.

"Satu ruas jembatan tertutup timbunan tanah longsor," sebut dia.

Pihaknya bersama dengan Kepala Polsek Parapat, AKP Bambang Priyatno, personel dan unsur pejabat Kecamatan Girsang Sipangan Bolon, turun ke lokasi longsor.

Baca juga: Longsor Timbun Jembatan Kembar di Parapat, Lalu Lintas ke Pematangsiantar Putus

"Meski begitu, situasi arus lalu lintas berjalan lancar dan dilakukan buka tutup sehubungan dengan hanya satu jembatan yang dapat digunakan," kata dia.

Dia memastikan, dari peristiwa bencana longsor tersebut tidak ada korban jiwa. Namun, dia mengimbau pengguna jalan agar berhati-hati bila melintasi jembatan tersebut. 

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X