Keluarga Menanti Kepulangan Alvi, Pendaki yang Hilang di Gunung Lawu - Kompas.com

Keluarga Menanti Kepulangan Alvi, Pendaki yang Hilang di Gunung Lawu

Kompas.com - 05/01/2019, 11:11 WIB
Tim gabungan SAR bersiap mencari pendaki asal Magelang, Alvi Kurniawan (20) yang hilang saat mendaki puncak Gunung Lawu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah melalui jalur Candi Cetho, Kamis ( 3/1/2019).KOMPAS.com/YOHAN TRI ANGGORO Tim gabungan SAR bersiap mencari pendaki asal Magelang, Alvi Kurniawan (20) yang hilang saat mendaki puncak Gunung Lawu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah melalui jalur Candi Cetho, Kamis ( 3/1/2019).


MAGELANG, KOMPAS.com - Rasa cemas tak bisa ditutupi dari raut Marwati (42), ibu Alvi Kurniawan (20), warga Dusun Mejing 3, Desa Mejing, Kecamatan Candimulyo, Kabupaten Magelang.

Wanita itu tengah menanti kepulangan anak sulungnya itu setelah dikabarkan hilang saat mendaki Gunung Lawu Kabupaten Karanganyar sejak Rabu (2/1/2019) lalu.

"Saya terus berdoa, baca Al-Fatihah buat anak saya. Semoga cepat ketemu, selamat, tidak kenapa-kenapa. Mohon doanya," ungkap Marwati, ditemui di rumahnya, Jumat (4/1/2019).

Baca juga: Balapan ke Puncak Gunung Lawu, Pendaki asal Magelang Hilang

Marwati menceritakan, Alvi pamit hendak mendaki gunung pada Minggu (30/12/2018) lalu, namun tidak bilang bahwa akan ke Gunung Lawu. Alvi buru-buru mengemas perlengkapan mendakinya lalu segera pamit dan mencium tangannya.

"Baru saja pulang membantu saya jualan dari pasar. Sampai rumah langsung kemas-kemas pamit mau naik gunung, gitu. Saya sudah suruh dia istirahat dulu tapi katanya keburu kemalaman," cerita Marwati.

Alvi berangkat bersama enam rekannya menuju Gunung Lawu, yang terletak di Karanganyar, Jawa Tengah mengendarai sepeda motor dengan berboncengan. Kepada saudaranya, kata Marwati, Alvi sempat memberi kabar kalau ban sepeda motornya bocor di daerah Boyolali.

"Alvi SMS sepupunya kalau ban motornya bocor, dan sedang cari tambal ban. Itu kontak terakhir kami dengan Alvi," ujar Marwati, yang didampingi adik Alvi, Rika Tri Nuraini (15).

Baca juga: Cari Pendaki Hilang di Puncak Gunung Lawu, Polisi Tutup Jalur Pendakian

Setelah itu Alvi tidak memberi kabar apapun, sampai pada Rabu (2/1/2019) jelang tengah malam, tim SAR yang ada di Gunung Lawu menelpon memberi kabar jika Alvi telah hilang dan mereka sedang melakukan pencarian.

Menerima kabar itu, ayah Alvi, Mulyadi (53) bersama adik Alvi, Nanang Pangestu (18), berangkat ke Karanganyar, Kamis (3/1/2019). Keduanya ditemani sejumlah relawan di Desa Mejing dan Kepala Desa Mejing, menuju basecamp Cemoro Sewu, Karanganyar.

"Bapak dan adiknya sudah ke sana, biar dapat informasi jelas. Tapi sampai sekarang juga belum ada kabar lagi. Katanya di sana memang cuaca buruk dan sulit sinyal," katanya.

Menurutnya, saat pamit Alvi memakai kaos lengan pendek dan tas selempang kecil persis seperti di foto-foto yang tersebar di media sosial.

Marwati kembali tidak bisa menahan air matanya. Ia menceritakan sosok Alvi yang sangat baik dimatanya. Alvi yang membantu dirinya bekerja berjualan gorengan di Pasar Tegalrejo Magelang setiap hari.

"Alvi itu sregep (rajin), bantu saya jualan untuk keluarga. Dia tidak mau melanjutkan sekolah setelah lulus SMA, cuma mau bantu saya. Dia sayang keluaraga," katanya terisak.

Baca juga: Libur Panjang, Jumlah Pendaki Gunung Lawu Meningkat

Rika Tri Nuraini, adik kandung Alvi, menambahkan bahwa kakaknya memang gemar mendaki gunung. Beberapa gunung di sekitar Magelang pernah didaki, seperti Merbabu, Prau, dan Andong. Sebelumnya ia belum pernah ke gunung Lawu.

"Setiap dia pergi mendaki, kakaknya mesti berpamitan, dan selalu pulang setelah selesai mendaki. Biasanya 2 hari sudah pulang," ungkap Rika.

Seperti diberitakan, Alvi dilaporkan hilang di Gunung Lawu Karanganyar. Informasi yang dihimpun tim SAR dari teman-teman Alvi, Alvi hilang setelah diajak balapan menuju puncak Lawu oleh seorang wanita asal Wonosobo. Wanita itu akan memberinya imbalan makan di Warung Mbok Yem yang ada di kawasan puncak.

Sampai Sabtu (5/1/2019) pagi, puluhan tim SAR dibantu polisi, warga, dan relawan, baik dari Karanganyar, Magelang sampai Magetan, masih melakukan pencarian terhadap Alvi.


Terkini Lainnya


Close Ads X