Libur Panjang, Jumlah Pendaki Gunung Lawu Meningkat

Kompas.com - 25/12/2018, 13:06 WIB
Memasuki libur panjang jumlah pendaki Gunung Lawu di Cemoro Sewu mengalami peningkatan.  Pendaki di hari biasa tidak sampai 100 pendai, namun menjelang pergantian tahun baru bisa meningkat 2 hingga 3 kali. KOMPAS.com/SUKOCOMemasuki libur panjang jumlah pendaki Gunung Lawu di Cemoro Sewu mengalami peningkatan. Pendaki di hari biasa tidak sampai 100 pendai, namun menjelang pergantian tahun baru bisa meningkat 2 hingga 3 kali.

MAGETAN,KOMPAS.com – Jumlah pendaki Gunung Lawu Jawa Timur mulai meningkat memasuki libur panjang Natal 2018 dan Tahun Baru 2019.

Salah satu pengelola pendakian Gunugn Lawu di Cemoro Sewu, Suparman mengatakan, kenaikan jumlah pendaki mulai terjadi sejak hari Sabtu (22/12).

“Hari biasa tidak sampai 100 pendaki, hari Senin kemarin lebih dari 300 pendaki,” ujar Suparman, Selasa (25/12/2018).

Suprman mengatakan, jumlah pendaki Gunung Lawu diperkirakan akan lebih banyak lagi menjelang pergantian tahun baru 2019.

Biasanya, dalam sehari lebih dari 1.500 pendaki akan menuju Puncak Lawu. Pengelola pendakian Gunung Lawu mengingatkan pendaki untuk mempersiapkan segala keperluan mendaki, terutama mengantisipasi turunnya hujan.

“Harapannya para pendaki mengantisipasi hujan dan membawa makanan serta obat obatan karena cuaca cukup dingin musim penghujan,” ujar Suparman.

Salah satu pendaki dari Kabupaten Ngawi, Ahmad Arifin, mengatakan, ia mendaki Gunung Lawu bersama 7 rekannya. 

Kegiatan mendaki dilakukan untuk mengisi waktu cuti liburan akhir tahun.

“Teman yang lain ada yang kerja di Surabaya, di Semarang, berpencar pencar, kebetulan libur panjang kami mendaki. Rencana mau pungut sampah di puncak,” kata Ahmad.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X