Cari ASN "Ngabret", Ridwan Kamil Lakukan Rotasi Besar-besaran

Kompas.com - 04/01/2019, 19:12 WIB
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat melantik 24 pejabat baru di level kepala dinas dalam proses rotasi jabatan di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Jumat (4/1/2019) sore. Dokumentasi Humas Pemprov JabarGubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat melantik 24 pejabat baru di level kepala dinas dalam proses rotasi jabatan di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Jumat (4/1/2019) sore.


BANDUNG, KOMPAS.com - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil melakukan rotasi besar-besaran di tingkat eselon II atau selevel kepala dinas.

Ada 24 pejabat yang tercatat bergeser posisi. Proses pelantikan berlangsung Jumat (4/1/2019) sore, di Gedung Sate, Jalan Diponegoro.

Sebelumnya, Ridwan juga melakukan lelang jabatan terbuka untuk level kepala dinas dan kepala biro di 15 posisi.

Baca juga: DPRD Jabar Minta Ridwan Kamil Transparan soal Lelang Jabatan

"Sebagai pimpinan baru tentulah kami punya target ya. Dinamika pembangunan begitu menantang, ada isu besar. Saya kan sudah selesai masa adaptasinya tiga bulan. Dari situ saya paham kan satu-satu dibahas. Sehingga akhirnya kita melakukan sebuah upaya," ungkap Emil, sapaan akrabnya.

Emil menuturkan, proses rotasi tersebut sudah sesuai aturan. Selain untuk penyegaran, ia berharap pejabat baru bisa mengimbangi ritme kerjanya dalam merealisasikan janji kampanye.

"Tunjukan kinerja, karena ukuran seorang Ridwan Kamil sebagai gubernur hanya itu. Kalau kinerjanya 'ngabret', bagus, berinisiatif, berarti dia cocok dengan tantangan baru. Nanti ada (kontrak kerja), kalau tidak memungkinkan dia harus menyesuaikan karena jabatan ini bukan hadiah, didapatkan oleh sebuah prestasi," papar dia.

Emil mengatakan, rotasi maupun mutasi merupakan keniscayaan dalam perjalanan birokrasi. Oleh sebab itu, ia berharap langkah tersebut tak perlu disikapi berlebihan.

Baca juga: Rumus Ridwan Kamil akan Masa Depan Indonesia, Jadi Adidaya atau Bubar

"Ini mah biasa, media juga jangan memberitakan seolah extraordinary. Ini peristiwa rutin dalam roda pembangunan di pemerintah," ujar Emil.

Ia meyakini, formasi saat ini bisa memenuhi target program kerja yang sudah dijanjikan sewaktu kampanye.

"Iya, saya harus tidur nyenyak. Tidur nyenyak itu saya terjemahkan, saya yakin bahwa mesin (birokrasi) itu bekerja sesuai yang divisikan. Saya tidak gelisah, tidak khawatir, hingga saya harus turun secara teknis. Kami sudah teliti, insya Allah, saya sangat optimis membawa Jabar sesuai yang dikomitmenkan," ujar Emil.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X