Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

“Presiden Jokowi Itu Perhatian Banget ke Rakyat...”

Kompas.com - 03/01/2019, 11:30 WIB
Rosyid A Azhar ,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

GORONTALO, KOMPAS.com - Komitmen dan perhatian Presiden Joko Widodo (Jokowi) kepada masyarakat Provinsi Gorontalo diwujudkan dalam solusi masalah yang selama ini membelit masyarakat. 

Jokowi dinilai dapat menyelesaikan masalah listrik yang sering padam, masalah transportasi udara, pupuk yang langka, hingga pengairan pertanian yang sulit.

Hal itu membuat Jokowi mendapatkan apresiasi tersendiri dari Gubernur Gorontalo Rusli Habibie. Pujian Rusli Habibie ini disampaikan saat melakukan apel bersama di rumah dinas Gubernur.

“Presiden Jokowi itu perhatian banget kepada rakyat Indonesia, khususnya Gorontalo,” kata Rusli Habibie, Kamis (3/1/2019). 

Baca juga: Joko Widodo Tunjuk Rusli Habibie Jadi Jubir di Indonesia Timur

“Presiden Jokowi tidak kenal lelah mengunjungi masyarakat, apa yang menjadi keluhan langsung dijawab. Di Gorontalo masalah listrik sudah tuntas, bandara sudah bagus, jalan mulus, pupuk mudah, irigasi lancar,” lanjutnya.  

Menurut dia, selama ini masyarakat Gorontalo bertahun-tahun mengalami krisis listrik yang parah. Setiap saat ada pemadaman bergilir, belum lagi jika mesin pembangkit mengalami masalah.

Demikian juga para petani di Paguyaman yang kesulitan mengembangkan pertaniannya. Banyak persoalan yang membelit masyarakat petani waktu itu.

Satu persatu masalah ini ditangani melalui lembaga dan kementerian terkait dengan membuat program di Gorontalo. Salah satunya program instrastruktur yang mengalami kemajuan pesat.

Baca juga: Rusli Habibie Yakin Jokowi-Maruf Menang di Gorontalo

Rusli mencontohkan, saat ini kondisi listrik di Gorontalo sudah surplus 40 Megawatt melalui program 35.000 MW listrik se-Indonesia. Gorontalo ketambahan daya listrik dengan beroperasinya PLTG 100 MW di Paguat yang diresmikan Presiden Jokowi tahun 2016 lalu.

“PLTU 2×25 MW di Anggrek sedang dalam penyelesaian, di Gentuma sedang dibangun 100 MW lagi. Bandara perintis di Pohuwato sementara dibangun. Irigasi Randangan mampu mengairi sawah 9000 hektar, bibit jagung, pupuk bersubsidi, ternak sapi,” ujar Rusli Habibie.

Bukti nyata inilah keberhasilan kepemimpinan Presiden Jokowi selama empat tahun yang juga dirasakan masyarakat Gorontalo. 

Terkait program tahun 2019, ia berharap ada peningkatan kinerja yang berdampak pada peningkatan target dan sasaran yang sudah direncanakan. Ia juga menutut pegawai bekerja dengan tulus, penuh loyalitas dan dedikasi kerja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com