Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Joko Widodo Tunjuk Rusli Habibie Jadi Jubir di Indonesia Timur

Kompas.com - 23/12/2018, 06:28 WIB
Rosyid A Azhar ,
Khairina

Tim Redaksi

GORONTALO, KOMPAS.com -   Joko Widodo menunjuk Rusli Habibie yang saat ini menjabat Gubernur Gorontalo sebagai juru bicara (jubir) pemenangan pasangan Jokowi Widodo - Ma'ruf Amin (Jokowi-Maruf) di kawasan timur Indonesia.

Penunjukkan itu dilakukan saat Jokowi bersama tim meresmikan posko pemenangan di kantor milik Amran Sulaiman, Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Sabtu (22/12/2018).

"Alhamdulillah, saya ditunjuk oleh pak Jokowi untuk menjadi jubir. Ini menjadi kehormatan bagi saya dan akan saya laksanakan dengan sebaik-baiknya," kata Rusli Habibie, usai pertemuan dengan Joko Widodo.

Baca juga: Lokasi Dekat Kediaman Jokowi Jadi Opsi untuk Markas Baru Prabowo-Sandi

Menurut Rusli Habibie, pasangan Jokowi-Ma'ruf sangat diterima di Indonesia Timur sebab kerja-kerja kerakyatan sudah terbukti.

Selain program pendidikan dan kesehatan gratis, Jokowi sukses membangun infrastruktur daerah seperti jalan dan jembatan, waduk, irigasi dan memenuhi kebutuhan listrik di kawasan Indonesia Timur.

"Ada juga pelabuhan laut dan udara yang sudah sangat dirasakan masyarakat. Sehingga kami para kepala daerah meminta beliau untuk bisa memimpin lagi untuk periode kedua. Karena kalau tidak, maka program ini akan terhenti," imbuhnya.

Untuk mengobati kesedihan masyarakat akibat penundaan kunjungan kerja Jokowi ke Gorontalo, Rusli Habibie mengajukan penjadwalan ulang. Permintaan itu direspon Jokowi yang berjanji akan datang ke Gorontalo pada bulan Januari 2019 nanti.

Selain dihadiri oleh Gubernur Gorontalo, pertemuan itu juga dihadiri oleh Gubernur Sulsel, Gubernur Kalimantan Selatan, Maluku, Sulawesi Tenggara, dan Sulawesi Barat. Hadir pula sejumlah bupati dan wali kota se-Indonesia Timur.

Kompas TV Wakil Presiden Jufuf Kalla menjamu Presiden Joko Widodo santap siang di kediaman pribadinya di Makassar, Sulawesi Selatan. Ini pertama kalinya Jokowi berkunjung ke kediaman pribadi Jusuf Kalla. Kedatangan Presiden Joko Widodo bersama ibu negara Iriana Jokowi langsung disambut Wapres Jusuf Kalla bersama istri. Jokowi disuguhi beragam makanan khas Makassar mulai dari Coto Makassar hingga Mi Titi. Wapres Jusuf Kalla sempat menjelaskan nama makanan tersebut. Seusai santap siang Jokowi menyampaikan harapannya kepada Wapres Jusuf Kalla agar JK dapat membantunya kembali di pemerintahan apabila dirinya bersama Ma'ruf Amin memenangkan Pilpres 2019.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com