Tahun 2018, Ratusan Orang Terseret Ombak di Pantai Selatan Yogyakarta

Kompas.com - 02/01/2019, 16:06 WIB
Ilustrasi THINKSTOCK.COMIlustrasi


YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Selama tahun 2018, ratusan orang terseret gelombang di pantai selatan Gunungkidul, Yogyakarta. Dari jumlah tersebut, sebagian besar berhasil diselamatkan.

Keterbatasan personel dan peralatan masih menjadi kendala tersendiri saat penyelamatan korban.

Koordinator SAR Satlinmas Korwil II Gunungkidul, Marjono mengatakan, pada tahun 2018 terjadi 98 kasus kecelakaan laut dengan 128 orang warga terseret ombak di sejumlah pantai, dengan korban jiwa 2 orang, satu orang hilang.

Baca juga: Terseret Banjir Ibu dan 2 Anaknya Ditemukan Meninggal

Angka itu meningkat jika dibandingkan Sepanjang tahun 2017, di mana tercatat ada 76 kasus kecelakaan laut yang terjadi. Jumlah korban sebanyak 118, dengan korban selamat 115 orang, sedangkan korban meninggal 3 orang.

"Angkanya meningkat untuk jumlah kecelakaannya," kata Marjono, saat dihubungi, Rabu (2/1/2019).

Adapun kecelakaan ini dipicu oleh pengunjung yang tidak mengindahkan sejumlah papan informasi termasuk tanda di sekitar area berbahaya.

Pihaknya melalui pengeras suara tak henti-hentinya mengingatkan wisatawan untuk tidak terlalu ke tengah saat bermain di sekitar pantai.

"Sebagian pengunjung sering nekat dan mengabaikan larangan untuk berenang di pantai," ucap dia.

Marjono mengakui, dengan keterbatasan personel dan peralatan, pihaknya kesulitan mengawasi 37 titik pantai yang menjadi wilayah operasional SAR Satlinmas Korwil II. Idealnya menurut dia, satu kawasan pantai ada 3 personel.

Selain itu, peralatan evakuasi juga dirasakan kurang, dari dua kapal jukung yang dimiliki SAR, satu di antaranya sudah tidak layak.

Baca juga: Jokowi Imbau Warga Bangun Rumah di Jarak Aman dari Pesisir Pantai

"Semakin banyaknya wisatawan yang berkunjung tantangannya semakin banyak. Apalagi, sejumlah warga mulai membuka pantai. Dengan personel 57 orang, rasanya jauh dari cukup untuk mengawasi kawasan pantai," ucap dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X