Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Akan Relokasi dan Rehabilitasi Daerah Terdampak Tsunami di Lampung Selatan dalam 3 Bulan

Kompas.com - 02/01/2019, 14:51 WIB
Kontributor Lampung, Eni Muslihah,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi


BANDAR LAMPUNG, KOMPAS.com - Presiden RI Joko Widodo dalam kunjungannya ke Lampung Selatan berjanji akan merelokasi dan merehabilitasi rumah terdampak bencana tsunami Selat Sunda.

"Relokasi dan rehabilitasi akan kita lakukan secepatnya, paling lambat tiga bulan selesai," kata Joko Widodo, Rabu (2/1/2019).

Saat ini, pemerintah pusat dan Pemerintah Provinsi Lampung terus berkoordinasi dalam penanganan korban tsunami, seperti penanganan pengungsi, layanan kesehatan, dan pendataan terkait sarana dan prasarana yang rusak.

Baca juga: Diskusi dengan Korban Tsunami di Lampung Selatan, Jokowi Tawarkan Relokasi

Berbagai bantuan juga terus berdatangan. Hingga saat ini, total penerimaan bantuan tunai dari 146 donatur sekitar Rp 1,658 miliar.

Selain itu, juga diterima bantuan logistik dari 334 donatur berbagai jenis barang, seperti makanan, pakaian, obat-obatan, selimut, ataupun alat mandi. 

Berdasarkan data, di wilayah pantai pesisir Lampung Selatan terdapat dua desa terdampak tsunami Selat Sunda yang banyak menelan korban jiwa yaitu Desa Kunjir dan Way Muli.

Adapun total korban bencana tsunami di Lampung Selatan yaitu korban meninggal dunia 118 orang, korban luka-luka sekitar 6.379 orang, dan 7 orang dinyatakan hilang. 

Bencana tsunami juga menyebabkan 710 unit rumah rusak dan jumlah pengungsi mencapai 7.868 orang.

Dalam kunjungan, Presiden didampingi Gubernur Lampung M Ridho Ficardo dan wakilnya Bachtiar Basri, turut hadir dalam kesempatan itu, Kapolda Lampung Irjen Purwadi Arianto dan Plt Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto.

Baca juga: Kata Jokowi, Pemerintah Akan Bangun Rumah untuk Korban Tsunami di Lokasi yang Lebih Aman

Presiden juga didampingi Kapolri Jenderal (Pol) Tito Karnavian, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Menkopolhukam Wiranto, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Sosial (Mensos) Agus Guwimang, dan Menteri Kesehatan (Menkes) Nila Djuwita Moeloek.

Usai mengunjungi warga yang terdampak tsunami Selat Sunda di Desa Kunjir dan Way Muli, Lampung Selatan, Presiden dan romobongan dijadwalkan berkunjung juga ke RSUD Bob Bazar, dan Lapangan Tenis Indoor Kalianda.

Kompas TV Setelah pekan lalu melihat kondisi para pengungsi korban tsunami di Banten, Rabu (2/1), Presiden Joko Widodo terbang ke lokasi bencana tsunami di Kalianda, Lampung Selatan.<br /> <br /> Rencananya, presiden juga akan menjenguk korban tsunami yang masih dirawat di rumah sakit, serta para pengungsi dari Pulau Sebesi dan Pulau Sebuku, yang masih berada di posko pengungsian di Kalianda, Lampung.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com