Jokowi Akan Relokasi dan Rehabilitasi Daerah Terdampak Tsunami di Lampung Selatan dalam 3 Bulan

Kompas.com - 02/01/2019, 14:51 WIB
Presiden Jokowi menemui warga korban bencana tsunami selat sunda di Desa Kunjir Lampung Selatan. Foto Humas Ridho Ficardo Kontributor Lampung, Eni MuslihahPresiden Jokowi menemui warga korban bencana tsunami selat sunda di Desa Kunjir Lampung Selatan. Foto Humas Ridho Ficardo


BANDAR LAMPUNG, KOMPAS.com - Presiden RI Joko Widodo dalam kunjungannya ke Lampung Selatan berjanji akan merelokasi dan merehabilitasi rumah terdampak bencana tsunami Selat Sunda.

" Relokasi dan rehabilitasi akan kita lakukan secepatnya, paling lambat tiga bulan selesai," kata Joko Widodo, Rabu (2/1/2019).

Saat ini, pemerintah pusat dan Pemerintah Provinsi Lampung terus berkoordinasi dalam penanganan korban tsunami, seperti penanganan pengungsi, layanan kesehatan, dan pendataan terkait sarana dan prasarana yang rusak.

Baca juga: Diskusi dengan Korban Tsunami di Lampung Selatan, Jokowi Tawarkan Relokasi

Berbagai bantuan juga terus berdatangan. Hingga saat ini, total penerimaan bantuan tunai dari 146 donatur sekitar Rp 1,658 miliar.

Selain itu, juga diterima bantuan logistik dari 334 donatur berbagai jenis barang, seperti makanan, pakaian, obat-obatan, selimut, ataupun alat mandi. 

Berdasarkan data, di wilayah pantai pesisir Lampung Selatan terdapat dua desa terdampak tsunami Selat Sunda yang banyak menelan korban jiwa yaitu Desa Kunjir dan Way Muli.

Adapun total korban bencana tsunami di Lampung Selatan yaitu korban meninggal dunia 118 orang, korban luka-luka sekitar 6.379 orang, dan 7 orang dinyatakan hilang. 

Bencana tsunami juga menyebabkan 710 unit rumah rusak dan jumlah pengungsi mencapai 7.868 orang.

Dalam kunjungan, Presiden didampingi Gubernur Lampung M Ridho Ficardo dan wakilnya Bachtiar Basri, turut hadir dalam kesempatan itu, Kapolda Lampung Irjen Purwadi Arianto dan Plt Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto.

Baca juga: Kata Jokowi, Pemerintah Akan Bangun Rumah untuk Korban Tsunami di Lokasi yang Lebih Aman

Presiden juga didampingi Kapolri Jenderal (Pol) Tito Karnavian, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Menkopolhukam Wiranto, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Sosial (Mensos) Agus Guwimang, dan Menteri Kesehatan (Menkes) Nila Djuwita Moeloek.

Usai mengunjungi warga yang terdampak tsunami Selat Sunda di Desa Kunjir dan Way Muli, Lampung Selatan, Presiden dan romobongan dijadwalkan berkunjung juga ke RSUD Bob Bazar, dan Lapangan Tenis Indoor Kalianda.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X