Diskusi dengan Korban Tsunami di Lampung Selatan, Jokowi Tawarkan Relokasi

Kompas.com - 02/01/2019, 13:55 WIB
Presiden Jokowi saat berdiskusi dengan warga korban tsunami di Lampung Selatan. Tribunnews.com/Seno Tri SulistiyonoPresiden Jokowi saat berdiskusi dengan warga korban tsunami di Lampung Selatan.


LAMPUNG, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo ( Jokowi) mengunjungi daerah terdampak tsunami di Desa Kunjir, Kecamatan Rajabasa, Lampung Selatan, Rabu (2/1/2019).

Desa di Lampung Selatan tersebut menjadi salah satu wilayah yang terdampak tsunami Selat Sunda pada 22 Desember 2018 malam.

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi berdiskusi dengan warga Desa Kunjir, sambil duduk di bawah pohon.

Baca juga: Bertolak ke Lampung, Jokowi Kunjungi Lokasi Terdampak Tsunami Selat Sunda

Saat berdiskusi, Jokowi menawarkan rencana pemerintah untuk merelokasi rumah warga yang berada di pesisir pantai.

"Nanti mau ya untuk direlokasi?" tanya Jokowi, kepada warga.

Warga menyampaikan kepada Jokowi bahwa ada yang menerima dan belum, mengingat tempat tinggalnya saat ini merupakan kawasan tempat wisata yang selalu ramai. Sehingga, menjadi mata pencarian warga untuk berdagang.

Tidak lebih dari 15 menit diskusi Jokowi dan warga berlangsung. Jokowi kemudian melanjutkan peninjauan ke Desa Way Muli yang tidak jauh dari Desa Kunjir.

Baca juga: BMKG Temukan Retakan Baru di Gunung Anak Krakatau, Masyarakat Diminta Waspada Tsunami Susulan

Pantauan di lokasi, rumah-rumah yang berada di pesisir pantai di Desa Kunjir dan Desa Way Muli, mayoritas rata dengan tanah. Namun, ada juga rumah yang masih utuh karena bangunannya yang kokoh dan tinggi.

Turut mendampingi Jokowi dalam kunjungan ke Lampung Selatan ini yakni Menko Polhukam Wiranto, Menteri Kesehatan Nila F Moeleok, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita, dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

Diketahui, tsunami Selat Sunda mengakibatkan 437 orang meninggal dunia dan 7.202 luka-luka, dengan jumlah pengungsi mencapai 34.817 orang.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X