Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Deretan Kegiatan Jokowi Kunjungi 4 Pesantren di Jombang

Kompas.com - 19/12/2018, 07:58 WIB
Moh. SyafiĆ­,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi

JOMBANG, KOMPAS.com - Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi), berkunjung ke 4 pesantren di Jombang, Jawa Timur, Selasa (18/12/2018).

Rangkaian kegiatan Jokowi diawali dengan kunjungan ke Pesantren Darul Ulum Rejoso. Datang sekitar pukul 11.00 WIB, Jokowi disambut ratusan santri yang berjejer rapi di pinggir jalan, sembari menenteng bendera kecil ditangan masing-masing.

Di depan kantor pusat Yayasan Pondok Pesantren Darul Ulum Rejoso, Jokowi disambut pengasuh pesantren, KH Cholil Dahlan, serta Mursyid Tarikat Qodiriyah wan Naqsyabansiyah, KH Tamim Romli.

Selanjutnya, Jokowi dan rombongan melakukan silaturahim dengan para kiai dan pengurus Pesantren Darul Ulum Rejoso.

Baca juga: Jokowi: Azas Terbesar Bangsa Indonesia Adalah Persaudaraan

Usai shalat zuhur, Jokowi menemui para santri dan jemaah thariqat wa naqsabandiyah Rejoso. Pada pertemuan itu, Jokowi menyempatkan dialog dengan para santri dan jemaah thariqat.

Dalam pertemuan itu, Jokowi tak lupa menyisipkan pesan agar seluruh rakyat Indonesia selalu menjaga persatuan dan kerukunan.

"Yang namanya Pemilu, baik itu Pilkada, Pemilihan Bupati, Pemilihan Gubernur, maupun Pemilihan Presiden, saya ingatkan, setiap lima tahun itu ada. Jangan sampai karena hal-hal tersebut kita tidak bisa menjaga ukhuwah (persaudaraan) kita," kata Jokowi.

Kunjungan Jokowi di Pesantren Darul Ulum diakhir dengan meresmikan Rusunawa Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum (UNIPDU).

Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) didampingi Yenny Wahid, melakukan tabur bunga di pusara makam KH. Abdurrahman Wahid (Gus Dur), di Pesantren Tebuireng Jombang Jawa Timur, Selasa (18/12/2018).KOMPAS.com/MOH. SYAFII Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) didampingi Yenny Wahid, melakukan tabur bunga di pusara makam KH. Abdurrahman Wahid (Gus Dur), di Pesantren Tebuireng Jombang Jawa Timur, Selasa (18/12/2018).
Ziarah makam pendiri NU

Selepas santap siang di salah satu rumah makan di Jombang, Jokowi berkunjung ke Pesantren Tebuireng Jombang.

Kedatangan Jokowi disambut lantunan shalawat badar oleh para santri. Jokowi yang datang bersama beberapa Menteri dan Gubernur Jawa Timur, Soekarwo, disambut pengasuh Pesantren Tebuireng, KH Salahuddin Wahid.

Selanjutnya, Jokowi bersama Gus Sholah dan jajaran pengasuh Pesantren Tebuireng memasuki dalem kasepuhan dan menggelar pertemuan tertutup.

Kegiatan Jokowi selanjutnya, yakni menziarahi makam pendiri NU, KH Hasyim Asy'ari dan makam KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur), didampingi Gus Sholah dan putri Gus Dur, Yenny Wahid.

Baca juga: Bertolak ke Jatim, Jokowi Akan Kunjungi 4 Pondok Pesantren

Usai berziarah, Jokowi menuju Museum Islam Indonesia KH Hasyim Asy'ari (MINHA). Jokowi meresmikan museum ditandai dengan penandatanganan prasasti dan pemotongan pita pada pintu masuk museum.

Selanjutnya, Jokowi didampingi KH Salahuddin Wahid, memasuki museum dan memantau kondisi museum yang baru diresmikan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com